Berita & Blog


10 Jenis Bahan Alami Yang Cocok Digunakan Membuat Minuman Sehat Peningkat Stamina Tubuh

Membuat minuman sehat mungkin tidak menjadi masalah besar untuk sebagian besar orang, terlebih ketika orang tersebut memiliki keahlian terkait ilmu nutrisi. Namun bagi sebagian orang lainnya, produksi minuman sehat perlu diperhatikan dengan benar agar manfaat yang dirasakan optimal. Pada dasarnya saat memproduksi minuman sehat yang bisa dijual, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari takaran gizi, kombinasi bahan yang digunakan, manfaat utama dari minuman yang diracik, serta dosis minum. Berikut beberapa jenis buah yang biasa digunakan untuk membuat minuman segar sehat.

1. Buah delima

Jika Anda ingin memproduksi minuman botol menyehatkan yang bisa digunakan untuk meringankan gejala diabetes, jantung koroner, hingga kolesterol tinggi, Anda bisa membuat minuman yang berbahan utama pomegranate atau buah delima. Didalam buah delima ini mengandung flavonoid, vitamin C, hingga mineral yang membantu mendetoksifikasi racun didalam tubuh akibat paparan polusi udara maupun timbunan lemak berlebih dalam tubuh. Dengan takaran konsumsi 200ml per hari, jus buah delima tanpa tambahan bahan aditif, bisa membantu meredakan peradangan yang terjadi pada organ tubuh dan mengembalikan fungsi saluran pencernaan untuk menyerap lebih banyak nutrisi makanan. 

2. Lemon 

Dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, buah lemon seringkali digunakan sebagai bahan utama dalam membuat minuman sehat. Buah ini tidak hanya cocok untuk meningkatkan kekebalan tubuh tetapi juga membantu meluruhkan lemak. Tidak heran jika buah ini sering juga digunakan sebagai minuman diet. Namun demikian, jus lemon lebih baik dikonsumsi pasca makan pagi atau malam, mengingat rasanya yang sangat asam. Mengkonsumsi 100-200ml jus lemon murni dalam kemasan membantu membersihkan hati dan saluran pencernaan. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan untuk meraih berat badan ideal selama menjalankan diet sehat menggunakan jus lemon. 

3. Stroberi 

Anda juga bisa membuat minuman sehat untuk anak dengan buah stroberi, selain rasanya yang disukai anak-anak, stroberi juga memberikan banyak manfaat kesehatan selain menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan regenerasi sel tubuh yang terkena radikal bebas. Dalam membuat minuman sehat, buah stroberi bisa ditambah madu atau mint untuk menambah nutrisi buah yang masuk kedalam tubuh. 

4. Buah bit 

Saat usia semakin bertambah, regenerasi sel akan semakin melambat begitu pula dengan metabolisme tubuh, itu sebabnya diperlukan buah yang mampu menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan asupan mineral dalam tubuh untuk menghindarkan tubuh dari resiko penyakit berbahaya, seperti kanker, demensia, serta penyakit ginjal. Saat Anda ingin membuat minuman kemasan sehat untuk lansia, salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah buah bit. Buah ini tinggi zat besi, magnesium, kalsium, kalium, dan trigliseride. Bagi orang usia lanjut, mengonsumsi jus bit murni 150ml per hari akan membantu mengurangi resiko demensia dan meningkatkan stamina. Tidak hanya itu, membuat minuman sehat dari buah bit membantu lansia memiliki sistem pencernaan yang lebih lancar untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh.

5. Jeruk

Selain quercetin dan vitamin C, jeruk juga mengandung senyawa anti radang yang membantu meredakan alergi akibat konsumsi makanan tertentu. Anda bisa menggunakan banyak jenis jeruk untuk membuat minuman sehat, seperti jeruk siam, santang, dan lainnya. Untuk meningkatkan khasiatnya, Anda juga bisa mengkombinasikan jeruk ini dengan madu, bayam, atau kiwi. Kombinasi buah yang tinggi vitamin C ini bisa meningkatkan ketahanan tubuh ditengah perubahan musim yang ekstrim dan membantu program diet dengan membantu mempercepat pembakaran lemak. 

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid sangat tinggi, disamping mineral dan vitamin. Dengan begitu, tidak mengherankan jika membuat minuman sehat dengan bahan utama teh hijau akan sangat diburu konsumen. Konsumsi minuman pagi yang sehat dari bahan teh hijau setidaknya 150ml akan membantu menjaga kinerja pembuluh darah dan mencegah munculnya sel kanker. Teh hijau juga baik digunakan untuk minuman diet, mengingat kemampuannya meluruhkan lemak serta mempercepat metabolisme lemak dalam tubuh agar menjadi energy.

7. Buah kale

Membuat minuman kemasan kesehatan dari bahan kale bisa jadi bukan hal yang mudah, terlebih apabila Anda belum memahami benar manfaat dan kandungan nutrisi kale. Membuat minuman sehat dari kale membantu menjaga kesehatan tulang serta usus. Bagi orang yang menderita GERD, konsumsi jus kale akan membantu menyeimbangkan cairan lambung dan membantu menyerap nutrisi makanan dengan lebih baik. Namun demikian, jika Anda tidak suka mengkonsumsi jus kale murni, Anda bisa menambahkan campuran buah lainnya, seperti stroberi, tomat, atau anggur.   

8. Jahe merah

Rimpang jahe mengandung senyawa antioksidan dan anti inflamasi yang sangat baik untuk mencegah peradangan pada tubuh akibat radikal bebas atau polusi. Anda bisa membuat minuman sehat dari jahe merah untuk meredakan masalah pencernaan maupun sakit tenggorokan. Saat memilih membuat minuman sehat dalam botol berbahan jahe, pastikan jika proses pengolahannya benar-benar higienis dan tidak tercampur bahan lain. Dengan begitu, Anda bisa merasakan khasiatnya lebih maksimal.   

9. Chamomile 

Teh yang dibuat dari bunga chamomile bisa menjadi pilihan minuman kesehatan yang dikonsumsi jangka panjang. Membuat minuman sehat dengan bunga chamomile yang mengandung flavonoid dan antiradang membantu menenangkan sel saraf serta otot yang lelah beraktifitas, meredakan gangguan lambung, maupun menenangkan reaksi menstruasi. Konsumsi chamomile juga mampu membantu meredakan stress psikis dan meningkatkan produksi hormon dopamin untuk membuat tubuh lebih nyaman dan tidur lebih lelap. Umumnya jus bunga chamomile dalam bentuk teh juga bisa dicampurkan dengan bahan lain, seperti daun mint atau cranberry.

10. Kelapa  

Air kelapa hijau murni yang dibuat dalam bentuk jus memiliki manfaat detoksifikasi tubuh yang tidak perlu diragukan lagi. Membuat minuman sehat botol dari bahan ini membantu meningkatkan kinerja jantung dan memperlancar aliran darah. Dengan begitu, daya tahan tubuh lebih terjaga dan tidak mudah terserang sakit atau infeksi virus yang berbahaya. Air kelapa juga kaya mineral yang membantu menjaga kinerja organ saat beraktivitas diluar ruangan. Selain bahan-bahan diatas, masih banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat minuman botol yang berkhasiat. Hanya saja, saat Anda tidak bisa membuat sendiri produk minuman botol dan memilih bekerjasama dengan jasa maklon air minum kemasan, Anda bisa mempercayakan pembuatannya pada suppliermlm.com. Jika Anda menghendaki minuman sehat untuk dijual, Anda bisa mempercayakan produksinya pada suppliermlm.com mengingat bahan-bahan yang digunakan sudah melalui uji klinis. Disamping itu, teknis membuat minuman sehat yang digunakan memiliki standar higienis yang membuat manfaat bahan alami yang digunakan untuk minuman kemasan tidak berkurang. Dengan menggunakan jasa maklon minuman, keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah biaya produksi yang lebih murah dan Anda tidak perlu bingung terkait masalah produksi maupun perijinan dari laboratorium. Anda bisa memasarkan produk minuman kemasan langsung setelah proses produksi selesai.