Berita & Blog


7 Keunggulan Memasarkan Produk Menggunakan Strategi Multilevel Marketing

Menawarkan produk kepada konsumen saat ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Ada beberapa strategi pemasaran yang bisa dilakukan yaitu dengan cara konvensional atau dengan menggunakan strategi multilevel marketing. Multilevel marketing (MLM) merupakan strategi penjualan yang dilakukan oleh distributor secara langsung kepada konsumen melalui suatu jaringan tertentu. Nah, apa sih keunggulan dari strategi ini? Simak ulasan berikut ini.

1. Meningkatkan Image Perusahaan

Strategi multilevel marketing lebih banyak menggunakan media pemasaran secara langsung atau verbal. Penjualan yang dilakukan yaitu dengan memberikan penjelasan langsung dan melayani secara langsung kepada konsumen. Untuk itu jika komunikasi yang tercipta membuat puas konsumen. Diharapkan jika konsumen puas, mereka akan membeli ulang produk yang ditawarkan serta merekomendasikan kepada orang lain. Hal inilah yang akan membuat image perusahaan meningkat di mata konsumen.

2. Tak Terikat Pada Tempat Dan Waktu

Strategi multilevel marketing dapat dilakukan oleh semua orang tanpa adanya batasan tempat dan waktu. Mereka yang memiliki rutinitas normal tidak akan terganggu dengan tetap melakukan penjualan diluar jam tersebut. Serta dengan adanya teknologi komunikasi yang semakin canggih, jadwal bertemu dengan calon konsumen pun dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

3. Meminimalkan Biaya

Dengan menerapkan strategi ini maka dapat mengurangi biaya promosi dan distribusi. Dimana strategi ini dilakukan dengan cara memasarkan produk secara langsung. Promosi dengan menggunakan banyak media itu memang baik. Akan tetapi melakukan pemasaran dengan cara ini akan lebih cepat untuk mendapatkan calon konsumen yang potensial. Jadi, tidak membuang buang waktu, tenaga dan biaya dengan percuma.

4. Produk Eksklusif

Strategi multilevel marketing dilakukan oleh perusahaan yang menawarkan produk dengan memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh produk lain yang sudah ada. Produk yang dijual pun tidak akan dijual di toko-toko atau pasar tradisional. Oleh sebab itu konsumen merasa mendapatkan nilai lebih ketika menggunakan produk tersebut. Selain itu, dengan pelayanan yang baik kepada konsumen secara langsung, konsumen akan merasa dihargai.

5. Komitmen Yang Dijunjung Tinggi

Perusahaan yang menerapkan strategi ini lebih menjaga komitmen untuk menciptakan produk yang berkualitas. Hal ini dilakukan dengan tujuan menjaga kepuasan konsumen serta menjaga kepercayaan yang telah diberikan konsumen terhadap perusahaan. Dengan begitu perusahaan akan terus tumbuh dan dapat mencapai tujuannya. Memiliki profit yang tinggi serta keberlangsungan perusahaan dengan jangka waktu yang lama.

6. Kualitas Produk Terjamin

Perusahaan yang menggunakan strategi multilevel marketing akan selalu menjaga kualitas produknya. Hal ini dilakukan sebab sasaran pengguna produk rata-rata adalah konsumen kelas menengah ke atas. Dimana mereka cenderung membeli produk yang memiliki kualitas yang baik dengan pembuktian adanya testimonial dari konsumen lain yang pernah menggunakan produk tersebut. Kesaksian-kesaksian tersebut digunakan untuk meyakinkan calon konsumen bahwa produk benar-benar terjamin kualitas serta sudah terbukti nyata.

7. Meringkas Jaringan Distribusi

Mekanisme strategi ini cukup sederhana. Mendistribusikan barang tak perlu melewati beberapa rangkaian jalur distribusi yang panjang. Perusahaan hanya perlu menyediakan produk dan merekrut beberapa orang sebagai sales tetap. Kemudian membuat jalur distribusi sendiri dengan strategi ini. Penjual juga bisa berasal dari konsumen itu sendiri. Dimana mereka yang telah percaya dengan produk tersebut dan telah membuktikannya biasanya akan bergabung untuk ikut andil dalam memasarkan produk.

Nah, itulah beberapa keuntungan menggunakan strategi multilevel marketing. Dengan pengelolaan yang baik strategi ini dapat diterapkan agar perusahaan berhasil mencapai target atau tujuannya. Selain dengan bertemu secara langsung, sekarang juga ada aplikasi mlm yang tersedia guna memudahkan strategi pemasaran ini.