Berita & Blog


Aneka Minuman Tradisional Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan

Sejak dahulu kala Indonesia memang sudah terkenal kaya akan rempah-rempah yang membuat para penjajah datang menyerbu Indonesia. Para penjajah tersebut ingin mencari rempah-rempah ke Indonesia karena mereka sudah tahu manfaat akan rempah-rempah. Hingga sekarang ini rempah-rempah masih dicari untuk digunakan sebagai minuman tradisional yang berkhasiat untuk kesehatan. 

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali minuman tradisional yang berkhasiat untuk kesehatan. Minuman tradisional ini pun sangat bervariasi, tergantung dari daerah mana minuman tradisional tersebut berasal. Lantas, apa sajakah minuman tradisional yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tersebut? Penasaran? Yuk, mari simak aneka minuman yang menyehatkan tubuh berikut ini! 

Bandrek 

Bandrek adalah salah satu minuman sehat untuk dijual yang bisa dengan mudah anda temui ketika anda berkunjung ke daerah Jawa Barat. Minuman tradisional yang satu ini begitu terkenal dan banyak dicari di wilayah Jawa Barat. Bahan utama yang digunakan untuk membuat bandrek ini adalah jahe dan juga gula merah. Bandrek ini dipercaya bisa menghangatkan suhu tubuh dan juga dipercaya untuk mengobati perut kembung serta gejala masuk angin lainnya, untuk menurunkan tekanan darah, bagus untuk para penderita rematik dan juga untuk mencegah peradangan. 

Wedang Uwuh

Minuman tradisional selanjutnya yang dipercaya begitu berkhasiat untuk tubuh adalah wedang uwuh. Minuman tradisional yang satu ini merupakan minuman tradisional khas kota Yogyakarta. Wedang uwuh sendiri bisa diartikan sebagai wedang sampah. Hal ini karena bahan yang digunakan untuk membuat minuman kesehatan yang satu ini adalah sejenis dedaunan dari rempah-rempah yang terlihat mirip seperti sampah. Banyak orang yang berpendapat bahwa wedang uwuh ini hampir mirip dengan wedang jahe dan wedang secang khas Jawa Timur, namun hal yang paling membedakan dari wedang uwuh ini terletak pada bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat minuman ini. 

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat wedang uwuh ini adalah daun pala serta bijinya, batang dan juga daun cengkeh, daun sereh serta akarnya, batang dan daun kayu manis, kapulaga, jahe, kayu secang, dan juga gula batu. Wedang uwuh ini dipercaya memiliki khasiat untuk meredakan kembung, masuk angin, pegal, lelah, dan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, minuman ini begitu cocok untuk dikonsumsi di tengah-tengah pademi Covid 19 ini. Disamping itu, wedang uwuh juga memiliki khasiat lain yaitu bisa melancarkan sirkulasi dalam darah dan juga menurunkan kolesterol. Wedang uwuh ini tidak memiliki efek samping dan bisa diminum setiap hari. 

Sekoteng 

Minuman minuman sehat tradisional berikutnya yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh adalah Sekoteng. Minuman tradisional yang satu ini juga bisa menghangatkan tubuh, sehingga cocok sekali bagi anda yang sedang merasa meriang atau tidak enak badan. Minuman kesehatan tradisional ini berasal dari Jawa Tengah dan begitu populer di sana. Bahan yang digunakan untuk membuat minuman sehat yang satu ini adalah air rebusan jahe, namun tidak jarang ada juga yang menambahkan serai, daun pandan, gula merah, kayu manis dan juga cengkeh.

Bahan-bahan minuman yang satu ini sebenarnya tidak hanya terdiri dari rempah-rempah saja, namun juga dicampur dengan bahan-bahan pelengkap lainnya seperti potongan roti, susu kental manis, potongan roti, kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan juga kolang kaling. Jadi, sekoteng ini sebenarnya bisa digunakan sebagai minuman kemasan sehat untuk anak karena rasanya yang enak dan manis menghangatkan. Nah, sekoteng ini begitu berkhasiat untuk meredakan pusing, nyeri haid, dan juga mual-mual ketika awal masa kehamilan. Apabila anda minum sekoteng ini secara teratur maka bisa membantu menurunkan kadar kolesterol serta membantu mencegah osteoporosis. 

Bir Pletok 

Minuman tradisional yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh lainnya yang bisa anda coba khasiatnya adalah bir plethok. Meskipun namanya bir, namun jangan terkecoh karena minuman tradisional ini sama sekali tidak mengandung alkohol hlo, sehingga anda tidak akan merasakan sensasi mabuk setelah minum bir pletok ini. Minuman tradisional yang satu ini berasal dari Jakarta yang mana merupakan minuman khas dari suku Betawi. Bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah rebusan dari gabungan banyak rempah, seperti jahe, cabe jawa, cengkih, kapulaga, kayu manis, sere, pala, kayu secang, daun pandan, dan juga gula pasir untuk memberikan rasa manis. 

Bir pletok ini dipercaya memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, dan juga menjaga daya tahan serta stamina tubuh. Untuk cara minumnya ada dua macam. Yang pertama anda bisa langsung meminumnya dalam kondisi hangat, dan yang kedua dengan cara menambahkan es. Terlebih lagi sekarang ini sudah ada banyak pedagang yang memadukan minuman ini dengan susu. Bagimana, kebayangkan nikmatnya minuman tradisional yang satu ini? 

Bajigur 

Minuman tradisional selanjutnya yang juga memiliki banyak khasiat adalah Bajigur. Minuman tradisional yang satu ini berasal dari Sunda dan sangat cocok untuk diminum ketika cuaca sedang dingin. Meskipun merupakan minuman tradisional namun, minuman ini tidak kalah dengan minuman jus sehat yang sekarang ini sedang hitz. Bahan utama yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah santan, gula jawa, gula pasir, kopi, daun pandan dan sedikit garam. Apabila anda sedang masuk angin, meriang, kembung atau tidak enak badan, sebaiknya anda minum bajigur ini untuk meredakannya. 

Sarraba 

Bagi anda yang ingin menikmati minuman untuk kesehatan ginjal anda bisa mencoba mengonsumsi Sarraba. Minuman tradisional yang satu ini merupakan minuman khas dari daerah Bugis di Makassar. Minuman ini menggunakan bahan-bahan tradisional yang masih alami dan tentu saja aman untuk kesehatan. Bahan utama Sarraba adalah jahe, gula merah atau bisa juga diganti dengan gula aren, santan, kuning telur dari ayam kampung dan juga merica bubuk. Agar rasanya lebih nikmat, anda juga bisa menambahkan beberapa rempah lainnya seperti kayu manis, pala, atau sereh. Agar mendapatkan rasa yang lebih nikmat, anda juga bisa menambahkan susu kental manis pada Sarraba anda. 

Nah, demikianlah beberapa minuman tradisional yang berkhasiat untuk kesehatan. Sekarang ini, kesempatan untuk melakukan usaha minuman tradisional ataupun obat herbal sedang terbuka luas, terutama pada saat pandemi Covid 19 ini. Nah, jika anda tertarik untuk membuka usaha minuman tradisional atau kesehatan seperti minuman untuk kesehatan kulit wajah dan minuman untuk kesehatan mata, anda bisa menggunakan jasa maklon kesehatan Harvest Group. Jasa maklon Harvest Group sudah terkenal menangani berbagai macam project kesehatan, jadi mereka tidak hanya memberikan janji, namun juga bukti. Oleh sebab itu, apabila anda tertarik untuk membuat brand minuman tradisional yang berkhasiat anda bisa langsung saja menghubungi PT. Harvest Group. Atau jika anda ingin tahu lebih dalam mengenai jasa maklon yang satu ini, maka anda bisa langsung saja kunjungi website resmi mereka di http://suppliermlm.com/