Berita & Blog


Beberapa Jenis Sayuran yang Bisa Anda Racik Menjadi Minuman yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Tentu semua orang pasti menginginkan  penglihatannya tetap jelas hingga usia tua. Oleh karena itulah sebaiknya anda mulai mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin untuk mata. Namun bila anda tidak suka memakan buah dan sayuran langsung, bisa mengolahnya dulu menjadi minuman fiber detox.  Berikut racikan yang bisa anda coba membuat minuman dari sayuran yang baik untuk kesehatan mata adalah

Wortel

Berbicara mengenai sayuran yang bagus buat kesehatan mata , jelas wortel adalah primadona utamanya. Dengan kandungan didalamnya yang kaya akan beta karoten dan vitamin A  yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Bila dibuat jus, anda dapat menggunakan wortel sebagai bahan yang berdiri sendiri atau dapat anda campur dengan bahan lain untuk menambahkan khasiatnya. Beberapa contoh bahan yang bisa anda campurkan ke dalam jus wortel antara lain :

Tomat dan jeruk nipis

Sebagaimana wortel  maka tomat juga kaya akan vitamin A. Dengan semakin tingginya vitamin A maka juga akan semakin bagus untuk memberikan nutrisi buat mata anda. Selain itu tomat juga kaya akan vitamin C. Vitamin yang satu ini bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga anda tidak mudah sakit. Selain itu dengan vitamin C anda dapat terhindar dari gangguan seperti sariawan.

Sebagai penambah rasa pada jus campuran wortel dan tomat ini, bisa juga anda masukkan perasan air jeruk nipis dan madu. Kedua bahan ini juga bagus untuk kesehatan.

Mangga

Bagi anda yang mungkin kurang suka dengan jus sayuran karena rasanya getir, apalagi minuman kesehatan seperti ini sebaiknya tidak ditambahkan gula. Anda bisa juga bisa mencampurkannya dengan mangga. Setidaknya rasa manis dan kecut dari buah tersebut dapat meminimalkan rasa getir dari wortel. Selain itu tentu saja mangga juga mengandung vitamin A dan C yang akan membantu meningkatkan khasiat dari wortel.

Sayur kale

Selain wortel, anda juga dapat membuat minuman sehat dari sayuran hijau dari golongan sayur kale. Contoh jenis sayur yang masuk golongan ini adalah kubis/kol. Di dalamnya banyak terdapat serat, vitamin C, kalsium, zat besi, lutein dan zeaxanthin serta antioksidan. Beberapa senyawa tersebut berguna untuk menjaga  fungsi indera penglihatan dan mencegah lensa mata mengalami penebalan yang memicu katarak. 

Untuk membuat rasanya semakin nikmat, jenis sayuran ini  dapat anda blender dengan beberapa bahan-bahan menyehatkan lainnya seperti : 

  • Apel

Buah yang 1 ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  • Buah blueberry atau blackberry

Dalam 2 jenis buah ini juga kaya akan antioksidan untuk mencegah terjadinya kelainan mata seperti katarak dan glukoma.

TOP