Berita & Blog


Beragam Minuman Berkhasiat untuk Jaga Kesehatan Sehari-hari

Menjaga tubuh agar tetap sehat bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman berkhasiat yang bagus dalam menunjang kesehatan. Terdapat banyak sekali bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat minuman yang menyehatkan ini. Namun demikian, pernahkah Anda mendengar minuman khas asli di Indonesia yang ternyata juga banyak pilihannya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh?

Ya, minuman tradisional yang ada di Indonesia memang cukup beragam dan memiliki manfaat tersendiri. Minuman colagen juga bisa ditemukan pada minuman tradisional  seperti bandrek. Ada banyak dari varian minuman tersebut yang sering kali memiliki fungsi untuk sekedar menghangatkan badan atau melepas dahaga. Lebih dari itu, terdapat beberapa pilihan minuman juga yang memang cocok dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Apa saja itu? Simak beberapa jenis berikut ini:

Bajigur

Berasal dari Sunda, Bajigur adalah salah satu minuman tradisional yang cocok diminum terutama ketika suasana sedang dingin. Bahan dasar dari bajigur sendiri terdiri dari gula, santan, garam dan juga pandan. Wangi dari minuman ini akan memberikan kenikmatan tersendiri. Minuman ini cocok untuk digunakan terutama dalam menghangatkan badan. Ditambah dengan camilan, minuman ini akan semakin pas untuk dinikmati.

Bandrek

Bandrek merupakan minuman yang bisa menambah stamina dan juga tenaga. Bahan yang digunakan untuk membuat bandrek juga tergolong mudah. Bahan dasar yang digunakan ada jahe dan juga lada. Jahe yang sudah dibakar akan diolah dan diracik menjadi campuran minuman. Rasanya yang manis dan juga hangat sangat cocok terutama ketika badan sedang tidak fit. Kandungan telur dalam minuman ini juga bisa menambah stamina.

Sekoteng

Dengan rasa yang hampir mirip dengan kedua minuman sebelumnya, sekoteng juga termasuk minuman yang cocok diminum saat malam hari. Resep minuman kesehatan ini memang menjadi salah satu minuman tradisional yang sudah terkenal di kalangan masyarakat, apalagi dalam hal untuk menghangatkan dan membuat nyaman perut yang terasa kembung. Ini adalah minuman berkhasiat yang diramu menggunakan bahan-bahan alami.

Wedang Ronde

Siapa yang tidak kenal dengan wedang ronde? Dengan rasanya yang cukup manis ditambah taburan kacang dan kombinasi rasa jahe yang menghangatkan badan, rasanya ini akan sangat pas ketika diminum saat malam hari dan hujan. Wedang ronde juga memiliki manfaat untuk membuat nyaman badan saat terasa demam atau kembung. Ini adalah minuman yang cocok untuk menambah rasa hangat di badan.

Kunyit Asam

Untuk rasa yang menyegarkan di saat suasana terik dan panas, kunyit asam ditambah es bisa menjadi pilihan yang cocok. Ada kandungan alami dari bahan kunyit dan asam yang mampu memelihara daya tahan tubuh karena adanya vitamin C di dalamnya. Tentunya ini akan menjadi minuman herbal dan khasiatnya yang pas dalam memelihara kesehatan.

Itulah sederet jenis minuman tradisional yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tentunya masih ada banyak minuman berkhasiat lain yang bisa Anda coba.