Berita & Blog


Cara Mudah Membuat Minuman Sehat untuk Jaga Imun Tubuh

Peribahasa “Mencegah lebih baik daripada mengobati” merupakan peribahasa yang pas untuk keadaan sekarang dimana kekebalan tubuh sangat penting diperhatikan agar bisa menghindari adanya penyakit yang menyerang tubuh. Apabila anda tidak memiliki imun tubuh yang baik, maka nantinya akan mudah terserang oleh penyakit karena kondisi tubuh kurang fit. Oleh karena itu, anda bisa mencegahnya dengan membuat minuman sehat yang berkhasiat bagi tubuh. Anda tidak perlu khawatir karena membuat minuman tersebut bisa dari bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Berikut pembahasannya.

Wedang Jahe

Minuman sehat yang pertama yaitu wedang jahe. Siapa yang tidak mengetahui jenis minuman satu ini? Tentu anda sudah mengetahuinya karena sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia dan masih banyak yang menjualnya. Ternyata anda juga bisa membuat sendiri wedang jahe dari rumah. Jahe dipercaya bisa mengatasi atau mencegah masuk angin hingga rematik. Sementara itu, kunyit sebagai campuran wedang juga mengandung kurkumin yang bisa melawan bakteri jahat di tubuh anda. Cara membuat wedang jahe sangat mudah yaitu anda hanya perlu menggeprek jahe dan batang serai, mengiris kunyit, kemudian merebusnya hingga mendidih.

Teh Lemon Madu

Cara membuat minuman sehat berikutnya yaitu the lemon madu. Minuman yang satu ini tentu sudah dikenal oleh banyak orang karena minumannya selain sehat juga menyegarkan. Lemon memiliki fungsi sebagai anti inflamasi dan bisa memperkuat imun tubuh. Sedangkan madu sendiri berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Cara membuat the lemon madu juga sangat mudah yaitu anda hanya perlu menyiapkan gelas yang sudah diisi air hangat, kemudian masukkan teh hijau. Jika sudah anda tuangkan perasan lemon dan juga madu lalu diaduk hingga rata. Anda bisa meminumnya selagi hangat agar lebih terasa khasiatnya.

Green Smoothie

Bagi anda yang merupakan penyuka smoothies, pasti tidak asing dengan minuman yang satu ini. Minuman sehat ternyata bukan hanya berasal dari bahan-bahan herbal akan tetapi bisa berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Salah satu smoothies yang bisa anda buat yaitu dari bayam dan nanas. Bayam memiliki kandungan klorofil yang bisa mencegah kanker. Nanas juga memiliki kandungan anti inflamasi dan vitamin yang menunjang kekebalan tubuh. Cara membuat green smoothie ini juga cukup mudah. Langkah pertama yaitu masukkan bayam nanas, dan air ke blender. Kemudian lumat semua bahan tersebut, setelahnya tuang jus sayur yang sudah jadi ke dalam gelas. Anda bisa menambahkan es batu jika ingin.

Itulah beberapa cara membuat minuman sehat yang mudah anda tiru dan coba di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah dicari dan proses pembuatan yang tidak rumit, anda sangat direkomendasikan membuatnya. Selain minuman di atas ada juga minuman lain seperti minuman collagen sebagai minuman sehat.