Berita & Blog


Ingin Memulai Bisnis? Kenali Dulu Apa Itu Pabrik OEM dan ODM

Di Perusahaan yang bergerak di bidang Manufakturing,anda mungkin cukup familiar dengan istilah pabrik OEM dan pabrik ODM. ODM adalah singkatan dari Original Design manufacturer sementara OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Bidang manufaktur merupakan aktivitas-aktivitas industry yang mengolah bahan baku menjadi barang jadi untuk dijual.

Dalam perusahaan manufaktur, terdapat urutan prouksi mulai dari proses perancangan (design), merencanakan (planning), dokumentasi (documentation), pemilihan dan pembelian bahan baku/bahan pembantu (purchasing), produksi (production), pengendalian kualitas (Quality Control) dan penjaminan kualitas produk (Quality Assurance). Setelah itu baru produk bisa dipasarkan, tertarik dengan OEM dan ODM? Mari lebih jauh lagi mengenal tentang pabrik OEM dan ODM

Pengertian OEM dan ODM

OEM (Original Equipment Manufacturer) adalah perusahaan yang memproduksi barang atau jasa dengan spesifikasi yang telah ditetapkan perusahaannya sendiri lalu dijual ke perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli kemudian melakukan mendistribusikan produk atau komponen yang telah diproduksi OEM. Spesifikasi produk dalam OEM ditentukan sendiri oleh perusahaan OEM. Dengan kata lain, perusahaan OEM memproduksi barang atas nama perusahaan lain. Setelah itu, perusahaan pembeli memasarkan produk dari OEM dibawah nama perusahaan pembeli. 

Perusahaan ODM (Original Design Manufacturer) merupakan perusahaan yang merancang dan memproduksi barnag sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan pembeli. Produk yang diproduksi sama-sama dijual ke perusahaan pembeli dan perusahaan pembeli dapat memasarkan produk hasil produksi ODM dengan nama perusahaan mereka sendiri.

Salah satu perusahaan ODM terbesar di dunia saat ini adalah Foxconn Technology Group. Perusahaan multinasional ini berpusat di Taiwan dan memproduksi produk-produk elektronik yang sudah tidak asing lagi di telinga anda seperti Blackberry, Playstation, Iphone dan Ipad, Wii dan Xbox one.

Perbedaan OEM dan ODM

Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat perbedaan mendasar antara perusahaan OEM dan perusahaan ODM, yaitu spesifikasi produk yang dihasilkan. Perusahaan OEM merancang dan memproduksi produk dengan standar atau spesifikasi yang telah ditentukan perusahaannya sendiri. Sedangkan perusahaan ODM merancang dan memproduksi barang berdasarkan spesifikasi yang telah ditentukan oleh perusahaan pembelinya.

Banyak perusahaan dengan merek-merek yang terkenal menggunakan jasa OEM dan ODM untuk memproduksi produk mereka. Hal ini dikarenakan menggunakan jasa OEM atau ODM tidak membutuhkan investasi besar dalam proses produksi seperti menyediakan gedung, fasilitas produksi, mesin, serta tenaga kerja yang dilakukan untuk melakukan produksi. Menggunakan jasa OEM lebih menguntungkan bagi perusahaan karena dapat menekan proses produksi dan dapat meningkatkan profitabilitas.

Pengelolaan Pabrik OEM dengan Jasa Maklon

Jasa maklon atau disebut juga kontrak manufaktur (contract manufacturing) merupakan jenis outsourcing yang cukup populer dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan OEM.

1. Definisi Jasa maklon atau kontrak manufaktur (contract manufacturing)

Jasa maklon atau kontrak manufaktur (contract manufacturing) adalah outsourcing sebagian proses produksi ke pihak ketiga. Jadi perusahaan OEM yang memperoduksi barang, mengalihkan proses produksi sebagian barang untuk dikerjakan oleh perusahaan lain. Misalnya, perusahaan memproduksi barang, lalu melakukan outsourcing kepadah perusahaan lain untuk merakit produk yang telah diproduksi sebelumnya. 

Perusahaan jasa maklon sudah banyak berkembang dan bervariasi dari awalnya hanya produsen produk tertentu merambah menjadi desain, produksi, perakitan, dan distribusi seperti salah satunya desain pembuatan web MLM.

2. Keuntungan Jasa maklon atau kontrak manufaktur (contract manufacturing)

Jasa maklon banyak digunakan oleh perusahaan karena dapat menghemat dana secara signifikan untuk tenaga kerja, bahan dan biaya lainnya yang berkaitan dengan produksi. Perusahaan maklon banyak ditemukan di negara berkembang karena SDM tenaga kerja masih terbilang murah dan peraturan yang tidak berbelit-belit. 

Karena mudah dan ekonomis dalam penggunaannya, pengguna jasa maklon harus mengawasi proses pengerjaannya untuk melakukan kontrol kualitas. Sehingga mampu menurunkan biaya produksi, menjaga kualitas produksi, degan harapan meningkatkan marjin keuntungannya. Selain itu, jasa maklon dapat merambah ke jasa pembuatan web MLM untuk mendukung jasa maklon mereka.

Supplier MLM menawarkan jasa maklon herbal dan kosmetik dan pembuatan web. Anda tidak akan menyesal dengan pelayanan dari perusahaan OEM dan Jasa Maklon Herbal kami. Percayakan pembuatan web MLM pada kami untuk bisnis yang lebih maju dan suskes. 

TOP