Berita & Blog


Ini Dia 7 Minuman Tradisional untuk Kesehatan

Masyarakat Indonesia memang selalu identik dengan hal hal tradisional termasuk minuman tradisional yang bisa memberikan khasiat baik untuk kesehatan. Pada artikel kali ini akan dibahas tuntas mengenai minuman tradisional untuk kesehatan. 

Berikut 7 minuman tradisional yang baik untuk kesehatan Anda  

Minuman Jamu Beras Kencur 

Anda pasti tidak asing lagi kan dengan minuman tradisional untuk kesehatan yang satu ini. Sesuai dengan nama jamu nya bahan dasar dari jamu ini adalah beras dan kencur. Terdapat banyak manfaat yang dimiliki oleh jamu beras kencur ini diantaranya meredakan diare, dapat mempertahankan gula darah, dapat meredakan batuk berdahak, membantu menyembuhkan luka pasca persalinan,menambah stamina tubuh dan menghilangkan kolesterol. 

Untuk membuat minuman tradisional untuk kesehatan ini terbilang cukup mudah. Rasa dari jamu ini sangat enak segar dan Anda pasti ketagihan untuk terus mengonsumsi minuman sehat yang satu ini. 

Satu hal penting dari jamu ini adalah sangat cocok untuk masa pandemi sekarang yang mana bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. 

Minuman Wedang Uwuh 

Minuman tradisional untuk kesehatan yang satu ini jika diartikan dalam Bahasa Jawa artinya minuman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan Anda. Terdapat banyak manfaat yang Anda dapatkan dari mengonsumsi wedang uwuh diantaranya sebagai antioksidan, sebagai antiinflamasi, dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan, sebagai antimikroba dan dapat menstabilkan hemoglobin. 

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman wedang uwuh ini antara lain cengkeh, jahe, daun cengkeh,daun kayu manis, daun pala kering, gula batu dan kayu secang. 

Cara menciptakan konsep minuman kesehatan uwuh supaya khasiatnya dapat dirasakan juga terbilang sangatlah mudah. Pertama, memanggang jahe di bara api kemudian digeprek. Kedua, mendidihkan air dan memasukkan jahe, cengkeh, daun cengkeh, kayu manis, daun pala. Selanjutnya membiarkan air hingga berwarna merah. Kemudian menuangkan di gelas dan Anda bisa sajikan dengan kondisi hangat.

Minuman Bajigur 

Minuman tradisional untuk kesehatan yang ketiga ini merupakan salah satu minuman yang berasal dari Jawa Barat. Bajigur ini sangat cocok diminum ketika malam hari karena rasa dari minuman ini sangat legit, manis dan hangat. Dahulu, bajigur ini berasal dari kebiasaan petani Sunda sebelum berangkat ke sawah yaitu membuat minuman dari gula aren. 

Terdapat banyak manfaat dari minuman bajigur ini adalah dapat mencegah hipertensi. Mencegah penuaan dini, menambah nafsu makan, mencegah penuaan dini dan jerawat, mencegah anemia dan memperkuat tulang Anda.

Adapun bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman bajigur ini adalah gula aren, santan kelapa, jahe, batang sereh, daun pandan, kayu manis, dan kopi bubuk instan. Anda bisa menikmati minuman ini dengan ditemani pisang goreng dan singkong goreng. 

Jamu kunyit asam

Minuman tradisional untuk kesehatan satu ini kerap digunakan untuk kalangan wanita. Manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan wanita adalah untuk memperlancar haid, menghaluskan kulit, dan mengatasi bau badan. Tentu hal ini cocok buat Anda termasuk kalangan wanita untuk merawat badan dan kesehatan. 

Bahan bahan yang digunakan untuk membuat jamu kunyit asam diantaranya gula jawa, asam jawa, dan kunyit. Bahan yang mudah dicari dan cara membuatnya pun juga mudah maka tentu Anda juga akan ketagihan membuat dan mengonsumsi jamu ini secara terus dan terus. 

Minuman STMJ 

Minuman STMJ merupakan minuman yang memiliki kepanjangan susu telur madu jahe. STMJ ini berasal dari Kota Apel atau Kota Malang Jawa Timur. Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat minuman STMJ terbilang sangat mudah diantaranya susu cair, jahe, madu, telur sedang, dan teh bubuk. Keistimewaan dari minuman STMJ membuat beberapa pihak mengolahnya menjadi minuman botol sehat yang digemari banyak masyarakat.

Terdapat banyak manfaat yang Anda dapatkan dari mengonsumsi minuman STMJ ini diantaranya dapat memperlancar saluran pencernaan, menetralisir racun, mencegah dehidrasi, meningkatkan sistem imunitas tubuh, dapat menangkal radikal bebas menjaga kesehatan jantung, mengurangi rasa mual, melawan infeksi bakteri dan dapat mengobati masuk angin. 

Susu sendiri memiliki kandungan kalsium juga untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Anda bisa mencoba minuman STMJ ketika Anda berlibur di kota Malang. Selain itu, Anda dapat mengetahui citra rasa minuman kesehatan beserta bahan dan cara membuatnya dari ahlinya langsung.

Minuman Wedang Tolak Angin 

Minuman wedang tolak angina sesuai namanya memiliki manfaat untuk mencegah masuk angin. Mulai dari gejala gejalanya seperti mual, sakit perut, perut kembung, demam, tenggorokan kering dan pusing. Dikenal sebagai minuman kesehatan alami, tentu membuat minuman tersebut sangat cocok buat Anda yang kerap sekali terkena masuk angin. Minuman wedang tolak angin ada yang tradisional ada pula yang sudah tersedia kemasan di minimarket. 

Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri maka bisa Anda coba yang mana bahan dan cara membuatnya terbilang sangat mudah. Bahan bahannya antara lain belimbing air, jahe, jeruk nipis, bubuk pala, cengkih, serai, madu dan daun mint, 

Cara membuatnya pun juga sederhana sehingga cocok juga dijadikan sebagai usaha minuman kesehatan. Pertama, Anda perlu memanaskan air di panci, kemudian merebus bersama pala, cengkeh, jahe, dan serai. Kedua, merebus air sampai mendidih, kemudian masukkan daun mint dan madu sebelum diangkat dari kompor. Terakhir, menunggu sampai wedang tolak angin dingin kemudian di saring. Anda siap menikmati minuman wedang tolak angin dan membuat kesehatan Anda terjaga dengan baik. 

Teh Talua 

Minuman tradisional untuk kesehatan yang terakhir ini merupakan minuman khas Sumatra Barat. Banyak juga usaha pengolahan minuman kesehatan jenis ini di daerah tersebut. Minuman ini bisa Anda buat dari bahan dasar minuman teh yang dicampur dengan kuning telur dan rempah-rempah. Cara membuatnya pun cukup mudah. 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat minuman kesehatan ini adalah dengan merebus air dengan teh hingga mendidih. Selanjutnya mengocok kuning telur dan gula dengan cepat hingga adonan mengental. Membuat minuman sehat ini dilanjutkan dengan memasukkan adonan kuning telur dan gula tersebut ke dalam wadah. Tahap selanjutnya adalah menuangkan susu kental. Tahap terakhir adalah menuangkan air teh ke dalam wadah yang sudah ada adonan kuning telur dan gula serta susu kental. 

Minuman teh talua siap dihidangkan dan Anda bisa menikmati serta merasakan manfaat untuk kesehatan Anda. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan diantaranya dapat menjaga kesehatan mata, menambah tenaga, menunda lapar, memenuhi kebutuhan vitamin Anda, 

Minuman ini dapat menjaga dan meningkatkan stamina tubuh karena di dalam teh ini mengandung vitamin A, D, E dan K.    

Dari ulasan di atas, Anda pasti sudah memahami minuman kesehatan herbal apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Anda juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri sehingga lebih praktis dan menghemat biaya. Untuk efek yang optimal Anda bisa mengonsumsi minuman tradisional di atas secara rutin berkala. 

Selain dari bahan di atas, Anda juga dapat membuat minuman kesehatan dari buah sebagai salah satu minuman tradisional untuk kesehatan. Nah, jika Anda hendak membuat bisnis minuman tradisional, maka Anda bisa bekerjasama dengan kami di suppliermlm.com sebagai perusahaan maklon minuman kesehatan terbaik yang bisa dipercaya.

TOP