Berita & Blog


Ini Dia Manfaat dan Efek Samping Minuman Kesehatan Colagen

Colagen merupakan salah satu jenis protein yang berguna bagi tubuh salah satunya untuk kesehatan kulit dan juga tulang.Colagen juga dapat dikonsumsi dalam bentuk makanan maupun minuman suplemen. Berikut ini adalah ulasan menarik mengenai manfaat dan efek samping dari minuman kesehatan colagen.

Manfaat Minuman Colagen

Minuman ini merupakan jenis minuman suplemen yang kaya akan colagen dan biasanya diminum dengan cara diseduh terlebih dahulu. Minuman ini sudah banyak dijual bebas di pasaran  dan dari beberapa merek terkadang ditambahkan bahan-bahan aktif lainnya yang berfungsi untuk membantu menjaga kulit tetap sehat.

Manfaat colagen bagi tubuh sebenarnya memang banyak sekali, diantaranya seperti membantu mencegah penuaan dini, mengencangkan kulit, dan juga dapat membantu mengurangi kulit kering dan juga keriput. Colagen juga dikenal mampu menghilangkan selulit atau strect mark yang disebabkan berbagai hal seperti penuruna berat badan secara drastis, pengaruh jumlah lemak pada tubuh, dan perubahan hormon pada tubuh.

Selain itu, manfaat colagen bagi tubuh berikutnya adalah untuk meredakan nyeri sendi, karena memang colagen itu sendiri merupakan salah satu protein yang ada di area tulang dan sendi. Colagen juga dikenal mampu meningkatkan massa otot dan membantu membakar lemark, karena colagen mengandung glisin yang terkonsentrasi dan asam amino yang berfungsi untuk membakar lemak.

Manfaat colagen bagi tubuh selain untuk kesehatan kulit, tulang, dan sendi adalah untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Karena apabila pembuluh darah kekurangan colagen akan menjadi kaku, lemah, dan yang terparah adalah membuatnya menjadi rapuh.

Efek Samping Minuman Kesehatan Colagen

Selain memberikan manfaat yang sangat banyak, minuman atau suplemen colagen yang dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping. Efek samping colagen yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkanmeningkatnya kadar kalsium. Kalsium memang sangat dibutuhkan tubuh, tapi apabila kadarnya berlebihan akan menyebabkan nyeri tulang, kelelahan, muntah, dan berbagai efek samping lainnya.

Efek samping colagen selanjutnya adalah dapat menyebabkan gangguan pencernaan, karena tubuh akan kesulitan dan bekerja sangat keras untuk mencerna banyaknya protein yang masuk ke dalam tubuh. Selanjutnya, konsumsi colagen yang berlebihan juga dapat menyebabkan risiko batu ginjal dan juga reaksi alergi karena mungkin saja bahan dasarnya dari bahan-bahan yang dapat memicu alergi seperti kerang, telur, dan ikan laut.

Selain itu, konsumsi colagen yang berlebihan dapat menyebabkan bau mulut karena kemungkinan bahan dasarnya dari sumber laut, untuk mengatasi hal ini bisa dengan mengonsumsi jus buah agar terhindar dari bau mulut.

Itu dia ulasan mengenai manfaat dan efek samping dari minuman kesehatan colagen bagi tubuh. Colagen memang memiliki beragam manfaat dan juga baik untuk tubuh, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan.