Berita & Blog


Inilah 5 Minuman yang Baik untuk Ginjal serta Manfaatnya, Selain Air Putih!

Setiap harinya, ginjal menyaring sebanyak 200 liter darah. Dari banyaknya jumlah tersebut, terdapat zat buangan sebanyak 2 liter yang harus dibuang melalui urine. Namun, gaya hidup yang kurang sehat seringkali membuat fungsi organ tubuh termasuk ginjal tidak bekerja secara optimal. 

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan fungsi kerja ginjal selain meminum air putih, ya? Jangan khawatir, yuk simak macam – macam minuman yang baik untuk ginjal berikut!

Air Kelapa

Kandungan yang dimiliki air kelapa ini yaitu nol kalori, sedikit gula dan adanya kandungan elektrolit tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi kerja ginjal secara maksimal. Tidak hanya itu, jumlah kristal yang terdapat pada urine pun akan berkurang. Pola hidup sehat pun harus dijalani, agar manfaat dari air kelapa ini dapat terasa.

Air Lemon

Adanya kandungan vitamin C yang tinggi, selain untuk meningkatkan imunitas tubuh, air lemon juga dipercaya untuk mencegah adanya pertumbuhan batu ginjal serta memaksimalkan kadar sitrat pada urine. Dengan meminum air lemon ini, juga bisa membantu mendetoks racun yang ada di dalam tubuh anda, lho. Anda bisa mengonsumsinya menggunakan air hangat ataupun dingin. 

Jus Wortel

Adanya karoten pada wortel membuat minuman ini memberikan fungsi untuk menghilangkan racun serta logam berat yang terdapat pada ginjal. Jus wortel menjadi pilihan konsumsi minuman yang baik untuk ginjal jika anda ingin membersihkan ginjal anda dari racun. 

Jus Apel

Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal The National Kidney Foundation, buah apel dapat berfungsi untuk membersihkan ginjal karena adanya kandungan pektin di dalam apel. Pektin juga berfungsi untuk menurunkan kolestrerol serta kadar gula darah. Selain itu, vitamin C di dalam apel juga mampu menangkal ginjal dari radikal bebas. 

Air Jahe

Minuman yang baik untuk ginjal terakhir ialah rempah – rempah yang sudah sekian abad ini menjadi solusi para orang terdahulu dalam menyembuhkan penyakit. Manfaat jahe tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari mengatasi masalah pencernaan, mencegah mabuk perjalanan sampai dengan mengatasi masalah ginjal. Hal ini dapat terjadi karena jahe bisa merangsang cairan pada empedu serta saluran pencernaan yang dapat meminimalisirkan ketegangan pada ginjal. 

Jadi, minuman apa nih yang sudah menjadi favorit-mu? Yuk, ubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan 5 minuman yang baik untuk ginjal di atas! Jika ingin lebih efisien dalam mengonsumsinya, anda juga bisa memesannya pada jasa maklon minuman. Begitu pula jika anda ingin mengajak teman – teman anda untuk menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan bisnis minuman sehat dengan kualitas bahan yang terjamin. Tetap jaga kesehatan dan jangan ragu untuk mencobanya, ya.