Berita & Blog


Inilah Beberapa Kiat dalam Memilih Minuman Colagen yang Tepat

Kini dalam membuat minuman sehat, anda tidak perlu lagi repot-repot mengolahnya sendiri. Sudah banyak tersedia produk siap minum yang banyak mengandung kolagen. Memang zat ini baik untuk tubuh tapi alangkah baiknya jangan beli produk sembarangan, anda perlu tahu hal-hal berikut  ini:

Pastikan ada izin BPOM

Izin BPOM menandakan suatu produk sudah melalui berbagai pengujian dan dinilai layak konsumsi baik dari segi kesehatan maupun kehalalan. 

Perhatikan secara seksama kandungan yang ada dalam minuman

Alangkah baiknya saat anda membeli produk minuman berkolagen jangan asal percaya saja dengan salesnya. Anda perlu mengecek juga komposisi minumannya  dengan memperhatikan beberapa parameter seperti :

Jenis kolagen dan jumlah kandungan yang ada di dalamnya 

Secara umum kolagen yang digunakan pada berbagai suplemen ada 2 golongan yaitu grass fed collagen yang berasal dari daging sapi atau ayam. Selanjutnya ada marine collagen yang berasal  dari daging ikan.

Kedua jenis kolagen tersebut memang sama-sama baik untuk tubuh tapi masalahnya kolagen sendiri merupakan senyawa yang susah diserap oleh tubuh. Jadi alangkah baiknya anda memilih minuman kolagen yang termasuk  peptide atau tripeptide . Kedua  jenis kolagen ini memiliki berat molekul yang rendah sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Tidak hanya soal berat molekul tapi juga perhatikan berapa dosis kolagen yang ada dalam minuman. Perbedaan jumlah kolagen akan memiliki efek yang berbeda. Untuk kolagen dengan dosis 5g cocok untuk kulit, sementara 10 g digunakan untuk kesehatan tulang. 

Jenis senyawa lain

Memang yang menjadi bahan utama dari minuman sehat yang ingin anda konsumsi adalah kolagen.  Namun jangan hanya terfokus pada itu saja, anda perlu perhatikan juga senyawa-senyawa lainnya dengan pertimbangan sebagai berikut :

  1. Jika anda mengonsumsi minuman berkolagen untuk kecantikan kulit maka pastikan ada kandungan zat seperti vitamin C, vitamin B, atau biotin. Ketiga senyawa itu akan semakin menunjang fungsi kolagen dalam merawat kulit anda
  2. Jika tujuan konsumsi anda juga untuk kesehatan secara umum maka pilihlah minuman yang ada kandungan royal jelly dan polyphenol. Kedua senyawa ini berperan sebagai antioksidan bagi tubuh anda.
  3. Terlepas dari apapun tujuan anda mengonsumsi, pastikan kandungan gula dalam minuman seminimal mungkin. Percuma saja rasanya enak tapi anda berisiko terkena diabetes di kemudian hari 

Perhatikan rasa dan takaran sajinya

Dalam setiap minuman sehat  berkolagen pasti diberikan perasa tertentu. Dari sekian jenis pilihan rasa pilihlah rasa yang anda sukai supaya anda tidak tersiksa nanti saat meminumnya. Selain itu juga perhatikan juga takaran yang anda harus patuhi dalam mengonsumsi. Jangan berlebihan karena manfaat kolagen yang optimal untuk tubuh hanya bisa anda peroleh dalam dosis yang tepat.