Berita & Blog


Inilah Cara Membuat Minuman Colagen yang Perlu Dipahami

Beberapa orang mungkin sudah mengetahui tentang colagen yang merupakan salah satu jenis protein dan memiliki manfaat utama untuk kesehatan kulit.  Colagen umumnya diproduksi dalam tubuh manusia, tapi banyak sekali jenis makanan dan minuman yang mengandung colagen. Lalu, bagaimanakah cara membuat minuman colagen? Berikut ini adalah ulasan menariknya.

Apa Itu Colagen?

Colagen atau kolagen merupakan salah satu jenis protein yang ada di tulang, otot, gigi, dan juga sendi yang fungsinya sebagai penyusun dan pengikat struktur tubuh. Terdapat 28 tipe colagen yang ada dalam tubuh manusia dan 4 diantaranya merupakan tipe yang utama pada kolagen.

Dalam kurun waktu tertentu, colagen juga dapat mengalami penurunan sama halnya dengan kandungan dalam tubuh lainnya. Sehingga, perlu untuk menjaga pola hidup sehat salah satunya dengan mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung colagen.

Meskipun colagen diproduksi dalam tubuh, nyatanya ada beberapa jenis makanan yang mengandung colagen, diantaranya telur, sayuran hijau, bawang putih, alpukat, buah beri, buah citrus, biji labu, dan kacang kedelai. Selain itu, saat ini banyak dijumpai suplemen kolagen dan juga minuman kolagen yang dapat dikonsumsi dengan cara diseduh terlebih dahulu.

Cara Membuat Minuman Colagen

Pada dasarnya memang colagen banyak dijumpai pada makanan, tapi Anda dapat membuat minuman colagen dari bahan-bahan yang mengandung colagen, seperti membuat jus dari alpukat atau buah beri

Anda juga dapat membuat minuman kolagen sendiri dari bahan-bahan alami, minuman yang kaya colagen yang dapat dibuat sendiri adalah minuman peach gum/sekoteng medan/tao jiao. Untuk membuatnya, siapkan beberapa bahan seperti peach gum, gojiberry, chia seed, kurma merah, lump sugar, buah kundur, daun pandan, snow, ice,  jamur putih, dan juga air. 

Cara membuatnya adalah dengan ,merebus keseluruhan bahan-bahan tersebut, sebelum direbus pastikan untuk merendam peach gum selama 12 jam, snow ice selama 10 jam,  jamur putih selama 30 menit. Setelah direndam, cuci bahan-bahan tersebut dan rebus selama 15 menit.

Selain membuat minuman kolagen sendiri, Anda juga dapat mengonsumsi minuman kaya colagen yang saat ini sudah banyak dijual bebas.Dari beberapa merek minuman kolagen, beberapa ada yang cara minumnya harus diseduh terlebih dahulu dan ada yang dapat dikonsumsi langsung.

Minuman kolagen ini dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, terhindar dari penuaan dini, dan juga memberikan efek mencerahkan pada kulit karena selain mengandung kolagen juga terdapat bahan-bahan aktif lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Itulah ulasan menarik tentang cara membuat minuman colagen yang perlu dipahami. Meskipun tubuh sudah memproduksi colagen,memang sebaiknya tetap mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan colagen agar tubuh tetap sehat.