Berita & Blog


Inilah Sejumlah Keunggulan Bisnis MLM Yang Perlu Diketahui

Salah satu jenis bisnis yang saat ini sedang cukup digemari banyak orang adalah bisnis mlm (multi level marketing). Dibanding bisnis lain, bisnis mlm dipandang mempunyai banyak keunggulan dan manfaat. Berikut sejumlah keunggulan bisnis mlm yang bisa diketahui :

1. Tempat Kerja Tidak Terbatas

Supplier mlm ketika menjalankan aktivitasnya seperti melakukan penjualan, mencari downline anggota baru dan sebagainya tidak akan dibatasi wilayah/tempat. Sehingga mereka bebas beraktivitas tanpa harus menetap di sebuah lokasi tertentu. Boleh dilakukan dimana saja yang diinginkan.

2. Aktivitas Yang Tidak Terikat Waktu

Bagi supplier mlm, waktu untuk melakukan aktivitas berbisnis sangat flexibel. Misalnya ketika tidak sempat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan bisnis karena terhalang suatu hal saat jam kerja, bisa dilakukan di luar jam tersebut. Contohnya sore atau malam hari. Pada intinya salah satu keunggulan bisnis mlm yaitu dapat dengan mudah mengatur dan menentukan sendiri jadwal kerja.

3. Memulai Menjadi Anggota Tidak Harus Berijazah

Ketika memutuskan untuk memulai bisnis mlm yaitu menjadi anggota, tidak ada persyaratan khusus yang harus dimiliki. Termasuk kepemilikan ijazah, maupun latar belakang pendidikan. Bahkan tidak punya pengalaman berbisnis atau bekerja pun dapat langsung bisa menjadi bagian mlm.

Selain itu tidak ada juga masa percobaan berbisnis, ketika hari tersebut memutuskan ikut bergabung bisa langsung bekerja dan nikmati hasilnya.

4. Proses Pendaftaran Atau Registrasi Sangat Mudah Dan Cepat

Kemudahan dan kecepatan dalam proses registrasi menjadi anggota, juga merupakan keunggulan bisnis mlm. Pada umumnya calon anggota baru yang ingin ikut bergabung hanya perlu membayar sejumlah uang untuk biaya pendaftaran. Nominalnya pun relatif tidak besar.

Yang paling penting, uang pendaftaran tersebut hanya dibayarkan sekali dan berlaku seumur hidup. Meski terkadang, selain memberikan uang pendaftaran beberapa mlm juga mengharuskan anggotanya membeli produk yang dijual mlm tersebut. Tidak ada salahnya juga, karena bisa saja produk yang dijual memang berkualitas.

5. Menjadi Anggota Tidak Terbatas Usia

Keunggulan lain dari bisnis mlm yaitu calon anggota baru yang tidak dibatasi oleh usia. Oleh karena tujuan dari bisnis mlm ini adalah menjaring anggota sebanyak mungkin. Semakin banyak anggota yang ikut bergabung, maka makin banyak pula keuntungan yang didapat.

6. Tidak Perlu Memikirkan Masalah Perhitungan Maupun Administrasi

Banyak yang harus dilakukan ketika memulai bisnis sendiri. Misalnya menyiapkan produk yang ditawarkan, cara memasarkannya, maupun menghitung sendiri laba yang akan didapat. Hal seperti ini tidak perlu dilakukan ketika bergabung dengan perusahaan mlm. Mereka umumnya telah menyiapkan hal pendukung seperti katalog, rencana pemasaran, juga pembagian keuntungan.

Bahkan ada yang telah menyiapkan software mlm khusus untuk memudahkan anggota menjalankan bisnisnya. Selain itu membuka bisnis sendiri kadang perlu berbagai administrasi seperti perizinan usaha dan lain-lain. Perusahaan mlm telah mengcover hal tersebut, tugas anggota atau distributor hanya harus mengembangkan bisnis serta menikmati hasilnya.

7. Bisnis MLM Hanya Membutuhkan Modal Yang Minim

Berbeda dengan mendirikan bisnis sendiri yang cukup menguras kantong untuk kebutuhan modal. Bisnis mlm cukup menggunakan modal yang minim. Modal yang harus disiapkan sudah termasuk ketika membayar biaya pendaftaran untuk menjadi anggota resmi yang biasa diberikan di awal.

Perusahaan mlm juga kadang disediakan pelatihan gratis untuk mendukung langkah aktivitas bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini tentu sangat bermanfaat bukan saja untuk mengembalikan investasi bahkan juga dapat memberikan keuntungan yang berlipat.

8. Barang Yang Ditawarkan Langka

Pada umumnya, perusahaan mlm banyak menawarkan produk yang tidak banyak dijual dijual di pasaran alias langka. Meski tidak semua, kebanyakan dari barang yang ditawarkan tersebut berasal dari luar negeri atau impor. Keunggulan ini akan membawa manfaat sendiri bagi supplier mlm.  

Dengan begitu, pembeli tidak akan bisa membeli produk serupa pada orang lain yang bukan merupakan bagian dari mlm tersebut.

Itulah beberapa keunggulan bisnis mlm. Apakah sudah mulai tertarik menekuni bisnis yang sedang digemari ini?

WhatsApp