Berita & Blog


Kandungan Minuman Kesehatan yang Baik Untuk Tubuh

Kesehatan merupakan hal yang harus dijaga oleh setiap orang. Apabila tidak dijaga dengan baik, maka tubuh menjadi semakin mudah terserang berbagai penyakit.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan. Selain berolahraga dan makan makanan bergizi, meminum minuman kesehatan juga menjadi salah satu cara yang dinilai efektif dalam menjaga kesehatan.

Minuman kesehatan adalah minuman yang memiliki banyak khasiat yang dapat menyehatkan bagi tubuh. Dengan mengonsumsi minuman kesehatan, maka imun tubuh akan meningkat, sehingga tubuh menjadi tidak mudah terpapar berbagai jenis penyakit.

Minuman kesehatan tidak selalu identik dengan minuman herbal yang rasanya pahit. Bagi Anda yang tidak suka dengan minuman pahit, Anda bisa minum minuman seperti susu, jus buah, hingga minuman fiber detox. Ketiga minuman tersebut merupakan contoh minuman kesehatan yang dapat menjaga tubuh agar tetap sehat.

Minuman kesehatan adalah minuman yang mengandung zat-zat yang menyehatkan bagi tubuh. Zat-zat tersebut antara lain:

Vitamin

Secara umum, vitamin merupakan senyawa organik yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, namun sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin berfungsi dalam memperlancar metabolisme tubuh, menjaga imunitas tubuh, dan meningkatkan regenerasi sel tubuh yang rusak karena berbagai faktor seperti penuaan, hingga gaya hidup yang kurang sehat.

Secara umum, vitamin terbagi menjadi dua jenis. Yaitu vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K) dan yang larut dalam air (vitamin B kompleks dan C). Semua jenis vitamin dapat ditemui pada berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. 

Mineral

Secara umum, mineral merupakan senyawa anorganik yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, namun sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sama seperti vitamin, mineral juga berperan penting dalam proses metabolisme tubuh, meningkatkan sistem imunitas tubuh, hingga regenerasi sel tubuh yang rusak.

Tak hanya dari buah-buahan dan sayur-sayuran, kita dapat menemukan mineral di berbagai tempat di bumi. Mulai dari air, tanah, hingga udara. Tentu saja, mineral yang ditemukan di alam bebas harus diolah terlebih dahulu agar dapat dikonsumsi oleh tubuh manusia dengan baik.

Berbagai macam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain fosfor, kalsium, magnesium, natrium, zat besi, dan lain sebagainya.

Minuman kesehatan adalah minuman yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Meskipun demikian, hindarilah meminum minuman kesehatan secara berlebihan. Bukannya sehat yang Anda dapatkan, justru penyakit akan semakin mudah menyerang tubuh jika mengonsumsi minuman kesehatan secara berlebihan.

Akan lebih baik jika Anda minum minuman kesehatan secara rutin setiap hari dengan takaran yang pas. Selain itu, minum air putih setiap hari juga dapat membantu menjaga tubuh agar tetap sehat. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang bergizi pula agar nutrisi di dalam tubuh tetap seimbang.

TOP