Berita & Blog


Langkah Cerdas Untuk Memulai Kerjasama Usaha Produk Herbal

Produk herbal berkisar antara obat, kosmetik, hingga suplemen herbal. Produk semacam ini sangat disukai oleh masyarakat karena dinilai lebih aman dan ampuh dibandingkan dengan produk berbahan kimia. Kerjasama usaha produk herbal juga banyak jenisnya dan sangat menjanjikan. Berikut adalah beberapa langkah cerdas untuk memulai kerjasama usaha produk herbal agar menjadi pedagang sukses.

1. Pilih Produk Herbal

Produk herbal yang berada di pasaran sangat beragam jenisnya. Untuk memulai kerjasama usaha produk herbal, pilih jenis produk terlebih dahulu. Perhatikan pasar yang akan dituju. Misalnya ingin menjual obat herbal untuk kalangan orang dewasa atau lanjut usia. Maka obat yang akan laris adalah obat darah tinggi, diabetes, kolestrol, dan lain sebagainya.

Pemilihan produk yang sudah ada akan lebih mudah dilakukan. Namun jika pengusaha menginginkan produk dengan merk sendiri, saat ini sudah banyak maklon yang bisa membuatkan produk. Jadi seseorang hanya perlu berkonsultasi mengenai produk yang ingin dibuat, hingga desain kemasan. Kemudian pihak maklon akan membuatkan produk sesuai spesifikasi yang diinginkan.

2. Pahami Kandungan Produk

Meski barang yang akan dijual bisa dipasrahkan pada jasa maklon, namun penjual harus memahami kandungan dalam produk. Hal ini dikarenakan penjual nanti harus bisa menjelaskan karakteristik produk kepada pembeli. Misalnya komposisi obat herbal, kemungkinan timbulnya alergi, bisa mengobati penyakit apa saja, hingga kontra indikasi yang mungkin terjadi.

Mengetahui kandungan produk juga akan menguntungkan penjual karena membuat pihak jasa maklon benar-benar serius mengerjakan pesanan obat herbal. Meski lebih aman daripada obat kimia, penjual harus tetap jeli dan mengawasi isi dari obat yang ia jual. Bila perlu sebelum menjual produk, penjual ikut mengkonsumsi obat herbal tersebut agar tahu pasti apa kelebihan dan kekurangannya.

3. Cek Keaslian Produk

Poin ini adalah salah satu hal yang harus dilakukan dengan teliti. Saat ini banyak produk yang dipalsukan. Mulai dari pakaian, obat kimia, kosmetik, hingga obat herbal. Keaslian produk biasanya bisa diketahui melalui kemasan, warna, hingga detail pada aroma dan bentuk produk.

Keaslian produk akan lebih mudah dibuktikan jika ada pembanding. Misalnya dengan membeli barang yang asli dari toko resmi kemudian membandingkan dengan produk yang lebih murah dan akan dijual. Jika tidak ada perbedaan sedikitpun maka barang tersebut asli. Sebagian kosmetik yang dipalsukan biasanya bisa dikenali dari bentuk dan konsistensi isi produk. Selain itu dari segi harga jual juga terkadang bisa diperkirakan produk tersebut asli atau palsu.

4. Pahami Perjanjian Kerjasama

Poin keempat yang perlu diperhatikan dalam kerjasama usaha produk herbal. Ada yang berbentuk maklon dimana seorang penjual memesan produk tertentu pada seseorang. Orang tersebut membuatkan dan menyiapkan produk hingga siap dijual, kemudian si penjual hanya tinggal memasang iklan dan melakukan transaksi dengan pembeli.

Adapula yang menggunakan sistem beli putus. Jadi penjual melakukan pembelian pada agen, supplier, atau produsen langsung dalam jumlah tertentu kemudian menjualnya kembali. Baik dijual secara langsung sebagai reseller (penjual biasa) atau dropshipper (menjual namun barang dikirimkan oleh produsen).

5. Cari Cara Pemasaran Paling Efektif

Poin kelima adalah menentukan cara pemasaran paling efektif. Pemasaran dengan cara biasa adalah dengan sistem beli barang atau buat produk, kemas, lalu jual sendiri pada pembeli. Terdapat pula sebuah sistem marketing yang sudah populer sejak lama, yaitu multi level marketing (MLM). Sistem supplier mlm ini agak lebih rumit namun memberikan keuntungan lebih pada orang yang menjual barang terlebih dahulu.

Sistem ini biasanya diberlakukan agar banyak orang tertarik ikut menjualkan barang karena ada bonus. Jadi misalnya seorang penjual (A) mengajak orang lain (B) untuk ikut berjualan maka orang yang mengajak(A) mendapat bonus dari penjualan orang yang diajak (B).

Kelima hal penting tersebut bisa dilakukan dengan maksimal dengan memilih rekan atau mitra kerja yang tepat. Penjualan produk herbal juga akan kian meningkat jika pembeli mudah mengakses dan mencari produk yang dibutuhkan. Dengan menggunakan website, penjual dan pembeli akan dimudahkan dalam proses transaksi. Kini penjual juga tidak perlu bingung untuk memiliki web, sebab sudah ada jasa pembuatan web mlm, web maklon, hingga web produk.