Berita & Blog


Maklon Herbal BPOM Sebagai Solusi Bisnis Terbaik

Dalam memulai sebuah bisnis produk herbal, kendala yang paling umum terjadi adalah masalah produksi. Seringkali modal yang dibutuhkan untuk biaya produksi terlalu besar bagi bisnis baru. Belum lagi masalah dalam mengurus sertifikasi BPOM yang sudah tentu dibutuhkan oleh produk herbal. Oleh karenanya, solusi terbaik yaitu dengan mempercayakan proses produksi pada jasa maklon herbal BPOM.

Istilah maklon diambil dari Bahasa Belanda, maakloon yang berarti pengerjaan sesuai pesanan. Artinya, jasa maklon merupakan jasa yang membuatkan produk sesuai dengan pesanan konsumen. Istilah yang sering dipakai dalam dunia bisnis merupakan vendor. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan bila menggunakan jasa maklon untuk produk herbal:

1. Merealisasikan Ide Bisnis Produk Herbal

Memiliki ide bisnis untuk produk-produk herbal, namun sulit untuk merealisasikannya pasti sangat mengesalkan. Khususnya bila sulitnya realisasi ide tersebut dikarenakan masalah kurangnya sumber daya yang dimiliki. Baik sumber daya untuk memproduksi produk tersebut maupun sumber daya manusia untuk mengolah produk. Manfaat jasa maklon herbal di sini adalah untuk merealisasikan ide tersebut.

2. Dipastikan Lulus Uji BPOM

BPOM menerapkan standar baku mutu yang tinggi terhadap produk yang akan diedarkan di masyarakat, khususnya pada produk makanan, obat, dan kecantikan. Standar proses yang ditentukan oleh BPOM belum tentu dapat dipenuhi oleh bisnis yang baru saja berdiri. Keberadaan jasa maklon di sini adalah untuk membantu proses produksi produk herbal, yang sudah bisa dipastikan akan mendapatkan sertifikat lulus uji dari BPOM.

3. Dilakukan oleh Tim Ahli

Bisnis yang baru saja berdiri tentunya kurang dalam hal sumber daya manusia, khususnya tim ahli. Sementara itu, dengan memanfaatkan jasa maklon yang ada, masalah tim ahli tak perlu dipusingkan lagi. Hal ini dikarenakan, jasa-jasa seperti ini pasti sudah memiliki sekelompok tim ahli mulai dalam setiap proses, mulai dari produksi hingga pengemasan.

4. Tak Perlu Memusingkan Masalah Produksi hingga Pengemasan

Hal paling menguntungkan dari penggunaan jasa maklon dalam pembuatan produk herbal adalah, seluruh urusan produksi dan pengemasan sudah ada yang bertanggung jawab. Yang perlu dipikirkan nantinya hanyalah proses pemasaran dan distribusi barangnya saja. Segala urusan mengenai pengadaan bahan baku, produksi, berbagai uji kelayakan hingga uji BPOM, serta pengemasan dilakukan oleh penyedia jasa.

5. Menekan Biaya Produksi

Dengan segala proses produksi hingga pengemasan dilakukan oleh penyedia jasa maklon, maka tentunya tak perlu lagi memikirkan masalah pengadaan mesin produksi. Ini jelas sudah merupakan penghematan dalam hal pengeluaran modal usaha. Selain itu, jika mengalami kendala untuk menentukan desain packaging produk, biasanya jasa maklon siap untuk membantu.

6. Merek Dagang Bukan Milik Jasa Maklon

Yang terpenting di sini adalah, bahwa jasa maklon herbal BPOM tidak akan mengantongi merek dagang dari produk yang dipasarkan. Merek tersebut akan menjadi milik si pemilik bisnis yang menggunakan jasa maklon tersebut. Jasa maklon akan tetap dicantumkan dalam kemasan produk, namun sebagai pemproduksi saja. Dengan demikian, segala urusan produksi akan menjadi tanggung jawab dari jasa maklon dan pemilik bisnis hanya mengurusi masalah pemasaran.

Demikian adalah bermacam keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan jasa maklon herbal BPOM. Tak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis produk herbal, meski tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi. Ada jasa maklon yang siap membantu untuk memproduksi produk-produk herbal yang sudah bisa dipastikan kehalalannya. Selain itu, masalah kelulusan dalam uji BPOM pun turut terjamin, sehingga produk dipastikan aman.