Berita & Blog


Mengenal Sistem Pabrik OEM Dalam Dunia Bisnis MLM

Pabrik OEM atau (original equifment manufacture), yaitu istilah yang digunakan pada suatu produk yang sudah satu paket yang datang dari produsen. Mungkin istilah OEM ini dikenal jika Anda sudah terbiasa dengan pembelian produk tertentu, dan dipesan dari sebuah perusahaan sebagai mitra. Karena sistem pabrik ini adalah merancang komponen produk, yang dipesan oleh perusahaan klien.

Sederhanya, jika Anda memiliki sebuah produk asli dari perusahaan Anda sendiri, lalu Anda memerlukan mitra untuk pengolahan komponen dan bahan pesanan yang membludak. Maka Anda menggunakan jasa pabrik lain, untuk mengolah produk yang bahan bakunya dan komponenya sesuai dengan permintaan Anda. 

Perusahaan pembeli atau Anda sebagai klien dapat menentukan spesifikasi dan desaign yang akan dikerjakan oleh pabrik OEM. Namun, perusahaan pembeli juga bisa menentukan perusahaan OEM tersebut mencantumkan part- number perusahaan klien dan bukan milik perusahaan OEM-nya. Namun, penamaan komponen perusahaan asli identitas dari perusahaan OEM tersebut.

Bagaiamana Cara Kerja Pabrik OEM Sebagai Mitra Perusahaan Orisinil

Sebagai contoh, cara kerjanya yaitu jika perusahaan X membuat produk A, maka produk tersebut secara orisinil dibuat dibuat di perusahaan X. Namun jika perusahaan X mengalami overload, dan banyak pesanan, maka meminta bantuan perusahaan Y untuk membuat produk tersebut di area tertentu. Sehingga, perusahaan Y ini menjadi mitra Anda dalam mengeluarkan produk orisinil perusahaan Anda. 

Lalu, kita akan melanjutkan mendalami sistem pabrik OEM ini dalam dunia perusahaan yang akan dijadikan mitra perusahaan besar. Sebab, perusahaan berskala besar yang sudah pasti membutuhkan bantuan mitra karena banyaknya permintaan dari pasar. Jika Anda termasuk kandidat yang mencari perusahaan mitra ini, maka dituntut untuk memahami secara detail sistem kerja OEM.

Agar Anda bisa memastikan bahwa perusahaan yang hendak Anda jadikan mitra bisa berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Serta membantu menyumbangkan keuntungan, karena kualitasnya bisa menyamai dengan produk yang dibuat diperusahaan Anda sendiri. Sehingga tidak ada ruginya Anda mendalami sistem kerja perusahaan OEM ini untuk investasi jangka panjang. 

Melihat Keuntungan Menggunakan Jasa Pabrik OEM Dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis, pasti aspek keuntungan  menjadi pertimbangan yang utama dan menjadi tujuan akhir yang dituju. Jika mengikuti sistem hukum ekonomi kapital, meraih untung dengan menekan modal seminimal mungkin. Bisnis dengan jasa pabrik OEM ini memiliki beberapa keuntungan yang bisa menjadi alternatif dan pertimbangan bisnis Anda.

Keuntungan yang pertama yaitu adanya pemangkasan biaya produksi, karena perusahaan OEM melakukan produksi secara massal. Selain itu, jasa OEM membantu perusahaan tetap berproduksi tanpa membuat pabrik baru yang akan memakan waktu lama dan dana yang tidak sedikit. Karena harus ada rekrutmen dan membayar pegawai baru, atau membuat bangunan dan pembebasan tanah baru lagi.

Produk yang diproduksi oleh perusahaan OEM akan dijual kepasaran untuk memenuhi permintaan konsumen sebelumnya kepabrik orisinil. Namun, harga jual yang ditetapkan akan lebih murah dari hasil produksi perusahaan asli. Namun, dalam aspek produksi baik segi biaya dan bahan baku, perusahaan asli tidak direpotkan kembali langsung terima jadi.

Fasilitas  dan Kemudahan Pabrik OEM

Perusahaan Anda, hanya harus membayar biaya yang disepakati saja dengan perjanjian dan kontrak kerja yang berlaku. Tentu saja, hal ini menjadi alternatif dan solusi yang ampuh, jika perusahaan yang Anda jalankan sedang membutuhkan proses produksi yang tinggi. Tinggal mencari pabrik OEM mana yang akan diajak bermitra.

Untuk memenuhi target pasar yang tinggi, maka butuh efisiensi waktu bagaimana produksi tetap berjalan, namun tidak mengorbankan SDM perusahaan diluar batas kewajaran. Maka sistem OEM bisa menjadi alternatif untuk menjaga kualitas kerja karyawan Anda. Sebab, karyawan tidak akan terporsir dan perusahaan tidak perlu menyiapkan tunjangan tambahan lembur.

Menggunakan jasa OEM juga cenderung mudah dan murah, karena hanya menyiapkan dana yang sudah disepakati bersama sebelumnya. Maka, karyawan yang bekerja dari pihak perusahaan OEM itu sendiri. Bahan baku juga mereka siapkan sendiri, hal ini bisa menghemat waktu dan dana yang harus dikeluarkan perusahaan. Itulah beberapa kemudahan dan keuntungan yang didapatkan dari bermitra dengan pabrik OEM.

TOP