Berita & Blog


Minuman Fiber Berserat sebagai Solusi Diet, Amankah?

Saat ini banyak sekali minuman fiber berserat yang beredar di pasaran yang diperuntukkan untuk diet atau mengurangi berat badan. Minuman fiber berserat seringkali digadang-gadang dapat mengurangi berat badan secara instant. Tapi tahukah anda kegunaan minuman fiber itu sendiri dan apa dampaknya bagi kesehatan jika terlalu berlebihan? Simak beberapa informasi berikut ini.

Kegunaan Minuman Fiber Berserat

Serat menjadi kebutuhan penting didalam tubuh agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Aneka minuman sehat seperti jus buah sebenarnya bisa membantu memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Namun, masih banyak orang yang belum terbiasa mengkonsumsi serat sesuai dengan kebutuhan harian yaitu berkisar antara 25 sampai 30 gram. Maka saat ini banyak bermunculan minuman fiber berserat dengan berbagai macam merk yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan serat harian dimana hal ini sangat penting saat anda ingin mengurangi berat badan.  Minuman ini muncul dengan warna yang menggoda serta berbagai macam rasa sehingga aman bagi anda yang tidak suka bau buah atau sayur mentah.

Bahaya Mengkonsumsi Minuman Fiber Berserat secara Berlebihan

Penggunaan minuman fiber berserat untuk kebutuhan menurunkan berat badan seringkali disalah gunakan. Minuman fiber ini mengandung serat yang penting untuk diet, namun saat mengkonsumsinya secara berlebihan, maka tubuh anda akan kelebihan serat.

Kelebihan serat didalam tubuh akan menimbulkan beberapa dampak, diantaranya:

Mengalami kekurangan vitamin dan mineral

Mengkonsumsi serat yang terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. Sehingga jika anda mengkonsumsi minuman fiber berserat, harus sesuai dosis dan bisa mengkombinasikannya dengan aneka minuman sehat seperti jus buah tanpa gula.

Dehidrasi

Jika anda mengkonsumsi minuman fiber berserat dalam jumlah yang banyak, anda harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi banyak air putih. Hal ini karena serat yang bersifat larut cenderung menyerap air di dalam saluran pencernaan sehingga jika kadar air didalam tubuh tidak mencukupi, maka anda akan dehidrasi.

Dapat mengalami kram perut

Proses pemecahan serat dalam jumlah yang besar dapat menimbulkan gas yang berlebihan di saluran pencernaan. Hal inilah yang menyebabkan anda bisa mengalami kram perut yang menyakitkan apabila konsumsi serat berlebih.

Mengkonsumsi minuman fiber berserat memang tidak dilarang, namun anda perlu memperhatikan dosis aman konsumsinya ya. Jika anda ingin lebih aman lagi, anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi aneka minuman sehat seperti jus buah atau sayur untuk memenuhi kebutuhan serat anda saat diet. Minuman sehat dengan bahan alami lebih aman jika dikonsumsi dalam jangka panjang dibandingkan dengan minuman fiber berserat yang pasti ada kandungan pengawet atau pewarnanya. So, sesuaikan penggunaanya dengan kebutuhan tubuh anda ya!

TOP