Berita & Blog


Minuman Untuk Menjaga Kesehatan Anak Yang Mudah Dibuat Sendiri Di Rumah

Menjaga kesehatan anak dan keluarga berhubungan erat dengan apa yang mereka makan dan minum setiap hari. Ibu yang baik harus memastikan makanan dan minuman yang mengandung berbagai manfaat kesehatan untuk keluarga. Ada berbagai jenis minuman untuk menjaga kesehatan anak dan keluarga yang mudah dibuat sendiri di rumah dengan resep sederhana.

Dengan sering mengkonsumsi minuman kesehatan akan menjaga imunitas tubuh dan menjaga kesehatan anggota keluarga. Beberapa jenis minuman di bawah ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin memberikan minuman sehat untuk anak.

1. Campuran Susu Dengan Buah

Susu yang kaya manfaat jika dicampur dengan buah-buahan akan memiliki rasa yang lebih kaya dan disukai oleh anak-anak. Namun anda harus pastikan kalau buah yang dicampur dengan susu adalah yang memang cocok ketika dicampur. Penyajian susu dengan buah bisa dilakukan dengan mencampur potongan buah kecil-kecil ke dalam susu.

2. Jus Buah Yang Segar

Ketika buah dibuat menjadi jus yang lebih enak untuk diminum akan membuat anak lebih tertarik untuk mengonsumsi buah. Apalagi buah-buah tertentu memiliki kandungan zat gizi yang luar biasa dan mempunyai berbagai macam manfaat serta vitamin untuk menjaga kesehatan anak.

3. Smoothie Yang Lembut

Smoothie memiliki tekstur yang berbeda dengan jus karena biasanya smoothie dibuat dari buah yang bertekstur lebih padat sehingga menjadikan smoothie yg lebih kental ketika disajikan. Untuk membuat smoothie biasanya air yang ditambahkan juga sedikit atau tidak perlu ditambahkan air sama sekali tergantung selera.

Contoh buah yang bisa digunakan untuk membuat smoothie seperti strawberry, pisang, alpukat atau blueberry dan bisa juga menggunakan sayur untuk membuat smoothie seperti sayuran kale, bayam atau sawi. Dengan membuat smoothie mengkonsumsi sayur atau buah juga lebih menarik untuk anak apalagi jika ditambah bahan lain untuk memperkaya rasa.

4. Minuman Tradisional Yang Sederhana

Minuman tradisional termasuk dalam minuman untuk menjaga kesehatan anak terbaik. Memperkenalkan minuman tradisional kepada anak secara dini adalah salah satu cara untuk mengajarkan tradisi kepada anak. Salah satu minuman tradisional yang paling mudah dibuat dan bisa sesuai dengan selera anak adalah minuman wedang jahe. Wedang jahe yang sederhana bisa dibuat hanya dengan 3 bahan saja yaitu jahe dan air serta madu.

Cara membuat wedang jahe juga mudah anda hanya perlu merebus jahe yang sudah dimemarkan kemudian seduh jahe dengan air panas lalu tambahkan madu agar sesuai dengan selera anak. Sajikan dalam kondisi hangat agar memberikan khasiat untuk menenangkan dan menghangatkan suhu tubuh, jahe juga dapat mengurangi nyeri pada sendi dan berbagai manfaat lainnya.

Sebenarnya ada banyak sekali minuman untuk menjaga kesehatan anak yang bisa dibuat sendiri di rumah. Membuat minuman kesehatan sendiri dapat menjamin kualitas dan khasiat dari minuman tersebut, apalagi sebagai ibu harus bisa memilih minuman terbaik untuk anak dan keluarga.