Berita & Blog


Pentingnya Mengkonsumsi Minuman Sehat untuk Tubuh sebagai Pendamping Makanan Bergizi

Tengah pandemi seperti ini, kebutuhan untuk imun harus terpenuhi. Makanan dan minuman sehat untuk tubuh menjadi salah satu pondasi menjaga imun. Imun berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Bagi Anda yang cukup malas menyiapkan makanan sehat di pagi hari. Kini sudah banyak minuman yang sehat di pagi hari  sudah cukup membantu meningkatkan imun Anda. Masih banyak yang terlalu abai untuk menjaga imun tubuh. 

Minuman sehat di pagi hari sebenarnya berfungsi untuk memberikan energi pada tubuh. Maka, jika pagi hari sebaiknya mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Biasanya, minuman yang sehat untuk tubuh pastinya tidak bersoda dan kafein berlebih. 

Pengertian Minuman Sehat 

Bagi Anda yang sedang menjaga pola makan, sebaiknya juga melakukan pola mengkonsumsi minuman sehat untuk tubuh. Sebagian orang masih berpikir bahwa minuman sehat hanya berasal dari air putih saja. Namun, bukan hanya sekedar air putih saja melainkan ada beberapa aspek dikatakan minuman sehat. 

Minuman yang sehat adalah minuman yang memiliki kandungan vitamin, mineral, protein, dan serat dengan optimal. Seperti diketahui, bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Maka, kebutuhan minuman yang sehat pastinya sangat penting. 

Selain itu, yang dimaksud dengan minuman sehat adalah minuman yang sudah bersih dan dimasak. Jika sudah sampai pada proses memasak, maka minuman akan terbebas dari kuman. 

Manfaat Minuman Sehat 

Setiap orang harus cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuhnya. Jika tubuh kekurangan mineral, dapat menurunkan fungsi kerja tubuh. Maka, sangat penting Anda membutuhkan minuman sehat. 

  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh 

Tubuh manusia pada dasarnya terdiri dari 60% air dan dapat menjalankan fungsi yang beragam. Beberapa fungsinya seperti: pencernaan,  sirkulasi, pembentukan air liur, melembabkan, dan lain sebagainya. 

Maka, dapat Anda bayangkan jika tubuh kekurangan mineral akan menyebabkan beberapa organ tubuh menjadi menurunkan fungsinya. 

  • Meningkatkan sistem imun

Tidak hanya air putih saja sebagai salah satu minuman sehat, masih banyak beberapa jenis minuman sehat yang dapat memperkuat sistem imun. Dengan mengkonsumsi minuman sehat membuat tubuh Anda membentuk sistem kekebalan yang cukup kuat. 

Apalagi di tengah kondisi yang saat ini rawan terhadap penyakit. Hal yang paling sederhana dan mudah dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi minuman sehat. 

  • Menjaga kesehatan kulit

Tanpa disadari, ada beberapa jenis minuman sehat yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda.  Saat ini sudah banyak produk minuman sehat yang menawarkan khasiat untuk kulit sehat dan cerah secara alami. 

Bagi Anda seorang perempuan, hindari kulit mengalami dehidrasi. Dehidrasi akan membuat kulit rentan terhadap kerutan dini. 

  • Meningkatkan kinerja fungsi otak

Fungsi kerja otak juga dipengaruhi oleh hidrasi pada tubuh. Maka, jika terjadi dehidrasi secara ringan saja dapat merusak beberapa aspek dan salah satunya kerja otak. 

Wanita dapat kehilangan cairan 1,36% setelah berolahraga yang dapat mengganggu organ tubuh hati dan meningkatkan sakit kepala. Jika pada pria muda, dapat kehilangan 1,59% yang dapat meningkatkan rasa cemas dan merusak kerja otak. 

  • Mencegah penyakit batu ginjal

Saluran pencernaan seperti usus juga membutuhkan fungsi air dengan baik. Bukan hanya makanan yang bergizi dan bernutrisi saja untuk mencegah sembelit. Melainkan minuman yang sehat juga dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan pembuangan air besar. 

Jika konsentrasi urine berwarna gelap dan bau biasanya disebabkan karena kurangnya minum. Hal tersebut juga dapat menyebabkan ginjal harus menjalankan fungsi untuk menyerap cairan secara ekstra. 

Maka, sangat penting mengkonsumsi minuman yang sehat untuk ginjal agar fungsi ginjal tetap menjalankan fungsinya dengan stabil.

Dapat Anda bayangkan, jika tubuh kekurangan mineral banyak organ tubuh yang tidak secara maksimal menjalankan tugasnya. Sebaiknya lakukan mengkonsumsi air putih 8 liter perhari dan menambah minuman sehat lainnya. 

Macam-Macam Jenis Minuman Sehat 

Minuman yang berfungsi untuk menyehatkan dan menyegarkan tubuh adalah salah satu kategori minuman sehat. Ada beberapa jenis minuman sehat yang Anda perlu ketahui untuk menjaga pola hidup tetap sehat. 

  • Susu rendah lemak 

Sedari kecil pasti sudah dibiasakan untuk selalu minum susu. Susu memang dipercaya sebagai sumber kalsium yang mudah dikonsumsi. Bukan hanya itu saja, susu juga mengandung vitamin D yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. 

Jika kekurangan vitamin D akan dapat berdampak buruk pada kerja kalsium yang tidak sempurna. Tulang akan mudah rapuh dan akan beresiko osteoporosis. Bagi yang mencari susu sehat, dapat disarankan untuk memilih susu yang rendah lemak. 

  • Infused Water 

Infused water ini merupakan air mineral yang dicampur dengan potongan buah atau sayuran yang direndam 12-24 jam. Jika Anda sedang memilih detoksifikasi tubuh, infused water ini menjadi minuman pilihan. 

Bukan hanya sebagai detoksifikasi saja, infused water juga baik untuk sistem pencernaan dan membantu untuk menurunkan berat badan. Anda juga dapat menambahkan rempah-rempah untuk membantu menjaga kesegaran dan stamina tubuh. 

  • Minuman Tradisional 

Salah satu jenis minuman yang dimaksud dengan minuman kesehatan ini adalah minuman tradisional. Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah. Maka, tak asing jika banyak rempah-rempah yang dijadikan minuman tradisional untuk kesehatan tubuh. 

Salah satu rempah yang biasa digunakan minuman adalah jahe. Pada saat awal pandemi, jahe menjadi primadona karena menjadi salah satu minuman sehat. Selain itu, air rebusan jahe dapat menjaga kestabilan suhu tubuh. 

Banyak sekali olahan dari rempah-rempah yang dibuat berbagai minuman tradisional. Hal ini karena, rempah -rempah yang kaya akan khasiat dan juga mudah untuk dibuat di rumah. Jadi tak perlu ragukan lagi minuman tradisional menjadi minuman yang sehat. 

  • Air kelapa 

Air kelapa mengandung beberapa vitamin dan mineral elektrolit yang dapat menyegarkan tubuh. Pasti Anda sering mendengar beberapa khasiat dari air kelapa yang dapat menyembuhkan penyakit. 

Bukan hanya dipercaya untuk menyembuhkan penyakit, air kelapa ini mengandung nutrisi yang dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Mengkonsumsi air kelapa sebaiknya langsung setelah dibuka. 

  • Jus 

Jus buah atau jus sayur merupakan salah satu jenis minuman sehat yang cukup primadona. Baik buah atau sayur menjadi produk minuman yang kaya serat dan sangat baik untuk tubuh. Beberapa buah yang berserat biasanya terdapat pada apel atau pisang. 

Seperti diketahui bahwa buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral. Anda cukup menghaluskan buah atau sayur dengan blender saja. Dengan begitu, Anda dapat mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh dengan minuman sehat. 

Manfaat mengkonsumsi jus secara rutin dapat membuat Anda terhindar dari kanker. Kandungan  di dalam sayur dan buah mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. 

Berbagai macam jenis yang termasuk minuman kesehatan adalah minuman yang berasal dari bahan alami dan tanpa campuran. Biasanya campuran dari minuman yang tidak sehat terdapat pengawet atau pemanis buatannya. 

Mengonsumsi makanan dan minuman sehat untuk tubuh membantu Anda untuk menjaga imun di tengah kondisi seperti ini. Makan dan minum yang bergizi dan bernutrisi agar tubuh tetap sehat dan fit.