Berita & Blog


Tips Bisnis MLM Untuk Pemula

Bisnis MLM untuk pemula memang membutuhkan banyak hal yang harus dipelajari, agar tidak tergabung dalam bisnis yang merugikan. MLM atau Multi Level Marketing, merupakan bisnis yang memang sedang diincar oleh banyak orang untuk saat ini. Karena mendatangkan banyak keuntungan dengan bekerja yang lebih santai dan bisa dilakukan di mana saja.

Pemula tentu saja harus banyak belajar dan mencari tahu, sehingga bisa mengikuti perjalanan bisnis yang sudah dilakukan oleh banyak orang sukses. Bisnis MLM untuk pemula harus didasari dengan komitmen yang tinggi, agar bisnis tetap berjalan lancar. Berikut ini ada beberapa tips bisnis MLM untuk pemula, di antaranya :

1. Hati-Hati Memilih Bisnis MLM

Memilih bisnis MLM harus berhati-hati dan jangan coba-coba, karena jika tidak sesuai dengan keinginan maka akan berakibat kurang baik. Bisnis MLM untuk pemula alangkah baiknya harus sesuai dengan keinginan pemulai bisnis juga. Pilihlah bisnis MLM yang tergabung dalam APLI.

APLI adalah Asosiasi Penjual Langsung Indonesia, asosiasi ini sudah banyak mewadahi bisnis-bisnis MLM yang ada. Karena belum adanya kode etik yang baku di Indonesia, memilih bisnis MLM harus hati-hati dan pilihlah yang sudah terpercaya.

2. Pelajari Sistem Investasi Dan Sistem Kerjanya

MLM yang merupakan sebuah bisnis tentunya membutuhkan investasi setiap akan merekrut calon membernya. Beberapa MLM ada yang mematok cukup besar, sehingga tidak banyak yang mau mengikuti. Oleh karenanya, pemula harus banyak mempelajari dan hati-hati dalam hal investasi dan sistem kerja.

3. Pilihlah Produk Yang Unik Dan Berbeda Dari Yang Lain

Semakin banyaknya bisnis MLM membuat banyak produk yang disuguhkan juga sama. Jika ingin berbeda carilah supplier MLM yang  produk-produknya unik dan berusahalah untuk berinovasi. Karena semakin berbeda produk yang disuguhkan, maka ketertarikan konsumen juga akan meningkat.

4. Seleksi MLM Dan Pilih Yang Sudah Berhasil

Memilih MLM harus benar-benar dipelajari, termasuk sistem kerja dan distribusinya, jika sudah terbukti sukses dan berhasil maka bergabunglah. MLM yang sudah besar, pesat dan berhasil akan merekrut banyak member, sehingga kemungkinan bisnis juga berhasil adalah sangat besar.

5. Mulailah Berprinsip Dan Teguhkan Komitmen

Semua hal harus didasari dengan komitmen yang tinggi agar bisnis tetap eksis dan bertahan, jangan sampai di tengah jalan putus semangat. Namanya bisnis pasti ada naik turunnya, sehingga harus tetap konsisten agar bisnis yang sudah dirintis tetap stabil dan mendatangkan keuntungan besar.

6. Harus Bekerja Keras, Telaten Dan Penuh Kesadaran

Jika ingin berhasil, harus ada usaha yang ekstra dan kesabaran yang luar biasa. Bisnis MLM yang sudah banyak kompetitornya membuat setiap membernya harus mau bekerja ekstra agar mendatangkan keuntungan yang lebih juga. Tekunlah dalam setiap berproses sesuatu, karena ketekunan bisa membuahkan hasil yang baik.

7. Nikmatilah Segala Proses Selama Berbisnis

MLM merupakan bisnis yang bergerak dalam jangka panjang, bukan jangka pendek, sehingga pasti ada suka dukanya. Selama berproses, ingatlah komitmen dan apa yang akan didapatkan dari semua perjuangan yang dilakukan.

Jika selama proses tidak dijalankan dengan menyenangkan, maka saat mendapatkan masalah yang cukup serius bisa membuat turun semangat. Selalu nikmatilah, agar hasil yang didapatkan juga ikut menyenangkan.

Beberapa hal di atas adalah tips yang harus diketahui oleh semua orang yang akan memulai bisnis MLM. Bisnis MLM untuk pemula harus didasari dengan keingintahuan dan selalu belajar dan belajar. Cobalah untuk berkumpul dengan orang yang bergerak di bidang yang sama, agar kemampuan terus terasah.

Tips yang paling penting adalah selalu percaya diri dan jangan malu dalam melakukan bisnis, karena kunci berbisnis adalah kemauan dan keberanian untuk mencoba.