Berita & Blog


Wajib Tahu, 7 Manfaat Minuman Kesehatan Herbal Bagi Tubuh

Mayoritas rempah-rempah atau tanaman herbal ini berasal dari Indonesia, seperti jahe, kayu manis, kunyit, sereh, cengkeh dan lainnya. Bahan-bahan inilah yang paling sering dijadikan sebagai minuman kesehatan herbal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Apalagi minuman herbal ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama saat pandemi covid-19. Selain itu, minuman yang menyehatkan tubuh ini juga bisa membantu melindungi dari batuk, flu maupun demam.   

Manfaat Minuman Kesehatan Herbal Bagi Tubuh

Berikut ini terdapat beberapa bahan-bahan herbal yang dijadikan sebagai minuman kesehatan, karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat pertama yang bisa dirasakan yaitu minuman herbal ini dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Seperti pada lidah buaya yang memiliki khasiat untuk meredakan gejala radang usus, diare berdarah maupun kram perut. Kemudian daun sirih yang memiliki khasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan. 

Selain itu, minuman herbal yang berasal dari serai juga sering digunakan untuk mengatasi tukak lambung. Kemudian juga pada jahe yang memiliki ekstrak minyak yang dapat mengatasi dan mencegah masalah yang terjadi pada pencernaan Anda, akibat kandungan antibakterinya. 

  • Meredakan Nyeri Sendi 

Salah satu bahan herbal yang memiliki banyak khasiat yaitu jahe yang menjadi obat anti inflamasi secara alami, karena senyawa yang terkandung di dalamnya. Sehingga jahe dikenal mampu meredakan osteoarthritis atau sering dikenal dengan nyeri sendi. Jahe sendiri dapat dinikmati dalam bentuk minuman maupun digunakan untuk memijat sendi yang terasa nyeri. 

  • Menurunkan Berat Badan

Tanaman herbal lainnya yang dapat dijadikan sebagai minuman kesehatan herbal yaitu serai yang dapat membantu meningkatkan metabolisme, bahkan dapat menurunkan berat badan. Namun beberapa penelitian masih ada yang tidak sependapat, sehingga khasiat serai masih diperlukan penelitian kembali. 

  • Mencegah Diabetes

Minuman herbal lainnya yaitu kunyit, kencur, kayu manis dan bunga krisan (chrysanthemum) yang diketahui dapat mencegah diabetes. Selain itu, rempah-rempah ini juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah, terutama bagi penderita kencing manis.   

  • Meredakan Nyeri Saat Haid

Khasiat dari jahe lainnya yaitu dapat meredakan rasa nyeri pada saat mengalami haid. Bagi wanita yang sedang mengalami haid mungkin akan merasakan nyeri yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, selain itu juga dapat meredakan gangguan mood yang disebabkan PMS (premenstrual syndrome).

  • Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Bahan-bahan herbal lainnya seperti temulawak ini juga dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang berada di dalamnya dapat membantu melawan bakteri dan meredakan peradangan di dalam tubuh.

  • Meredakan rasa Mual

Minuman kesehatan herbal ini juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi mual, seperti pada jahe yang mengandung senyawa antibakteri. Sehingga saat Anda merasakan mual maupun inin muntah, bisa mencoba membuat minuman sehat dari jahe ini.