Ini Dia Cara Membuat Minuman Kesehatan dari Kopi agar Baik untuk Tubuh!

Blog

Tidak hanya teh, kopi juga menjadi minuman yang paling banyak disukai, mulai dari orang dewasa hingga orang tua. Namun, terlalu banyak mengonsumsi kopi biasanya akan memberikan efek samping bagi tubuh, seperti sulit tidur, dehidrasi, sakit perut dan gelisah. Banyak pula yang menambahkan gula saat menyeduh kopi. Padahal, mengonsumsi gula yang berlebihan pun akan membuat kadar gula di dalam tubuh melonjak. 

Lalu, bagaimana sih kira – kira agar kopi yang kita konsumsi menjadi minuman menyehatkan? Yuk, simak cara – cara yang harus diperhatikan dalam membuat minuman kesehatan dari kopi ini, ya!

Jangan Menambahkan Gula

Meskipun kandungan pada kopi memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, akan menjadi beda manfaat jika ditambahkan gula. Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menimbulkan banyak penyakit, mulai dari diabetes hingga obesitas. 

Pilihlah Kopi Organik

Semakin berkembangnya zaman, kualitas kopi yang dihasilkan pun berbeda – beda. Semakin baik pengolahan biji kopi saat ditanam, maka semakin baik pula kualitas kopi yang dihasilkan. Kopi yang baik dan sehat yaitu berasal dari biji kopi yang tidak ditanam dengan pestisida dan bahan kimia lainnya. Menurut para ahli kesehatan, pestisida sangat tidak baik jika dikonsumsi dan akan menimbulkan masalah pada tubuh. 

Menambahkan Kayu Manis

Membuat minuman kesehatan dari kopi selanjutnya, anda bisa menambahkan kayu manis ke dalam seduhan kopi. Penelitian mengatakan bahwa kayu manis memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan gula darah dan kolesterol. Namun, jangan terlalu banyak juga menambahkan kayu manis ya, agar manfaat yang didapat lebih banyak. 

Menambahkan Kakao

Selain kayu manis, kakao juga dapat ditambahkan pada kopi untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Kakao juga dapat dijadikan penambahan citra rasa kopi, lho. Kopi yang dibuat pun bisa menjadi rasa kopi coklat ataupun kopi latte. 

Menyeduh Kopi dengan Kertas Filter

Di dalam kopi mengandung cafestol, yaitu senyawa yang dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Sedangkan, menggunakan kertas filter ini bertujuan untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada pada kopi. Tidak perlu khawatir, meskipun menggunakan kertas filter, kafein dan antioksidan di dalam kopi tidak akan berkurang, kok. 

Menambahkan Jahe

Rempah lainnya yang bisa ditambahkan pada seduhan kopi yaitu jahe. Penambahan jahe memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti meredakan sakit tenggorokan dan demam. 

Jangan Menambahkan Krim Rendah Lemak

Krim – krim rendah lemak yang dijual di toko biasanya melakukan proses pengolahan yang mendalam serta kurang terjaminnya bahan – bahan yang digunakan. Alangkah baiknya menggunakan krim alami yang terbuat dari susu organik. Susu sapi organik memiliki banyak kandungan vitamin K sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang. 

Itulah beberapa cara membuat minuman kesehatan dari kopi agar memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu, hindari mengonsumsi kopi di atas jam 14.00 ya, karena akan membuat anda sulit tidur di malam harinya. Untuk membuat minuman kopi yang sehat, anda juga bisa bekerjasama dengan maklon minuman kesehatan, lho. Tentunya banyak juga keuntungan yang akan didapat. 

TOP