Perhatikan Tips Berikut Ini Sebelum Anda Membuat Minuman Kesehatan Sendiri di Rumah

Blog

Minuman kesehatan tidak harus dibeli dengan harga yang mahal. Bahkan, Anda dapat membuat minuman kesehatan dengan beragam bahan yang dapat Anda beli di warung terdekat dari rumah Anda.

Beberapa minuman kesehatan yang dapat Anda buat misalnya ada wedang jahe, wedang uwuh, bajigur, jamu, dan lain sebagainya. Semua minuman kesehatan tersebut dibuat menggunakan bahan-bahan yang terbilang murah dan terjangkau, dengan cara yang mudah, dan memiliki manfaat yang sangat banyak.

Meskipun membuat minuman kesehatan sendiri di rumah terlihat mudah, nyatanya Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membuat minuman tradisional untuk kesehatan yang kaya manfaat. Di antaranya:

  • Bahan Baku

Bahan baku yang digunakan sebisa mungkin merupakan bahan baku yang terbilang masih segar. Hal ini perlu Anda perhatikan, karena penggunaan bahan baku yang kurang segar dapat mengurangi cita rasa bahkan manfaat dari minuman herbal yang akan Anda buat sendiri di rumah.

Tips pertama memilih bahan baku yang baik adalah dengan melihat tekstur bahan baku. Misal, jahe dan kunyit segar memiliki tekstur yang haus dengan kulit yang masih tipis.

Tips kedua adalah dengan melihat warnanya. Misal, merica memiliki warna agak kecokelatan atau krem, cengkeh memiliki bagian kepala yang lebih terang, dan lain sebagainya.

Tips ketiga, hirup aroma bahan baku. Selama tidak memiliki bau yang apek, kecut, dan bau-bau tidak enak lainnya, sebaiknya hindari karena bahan baku tersebut biasanya sudah hampir busuk.

Tips keempat, pastikan bahan baku yang dibeli masih dalam kondisi yang utuh. Artinya, bahan baku tidak dalam keadaan rusak seperti sedikit hancur, bahkan terpotong sebelumnya. Pasalnya, oksidasi dapat mempengaruhi kualitas bahan baku.

  • Cara Pembuatan

Ketika membuat minuman kesehatan, pastikan untuk mencuci dan membersihkan bahan baku terlebih dahulu sebelum akhirnya direbus dengan air. Tentu saja, hal ini bertujuan agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalam minuman tradisional untuk kesehatan dan membuat rasanya menjadi aneh.

Setelah selesai membuat minuman herbal, jangan lupa untuk menyingkirkan rempah-rempah yang ada di dalam air rebusan. Hal ini bertujuan agar rempah-rempah yang telah direbus tidak ikut terminum, sehingga dapat membuat rasa dari minuman herbal yang Anda buat menjadi sedikit pahit.

Selain itu, ada beberapa minuman yang lebih baik diminum dalam keadaan masih panas seperti wedang uwuh, wedang jahe, ronde, dan bajigur. Hal ini bertujuan agar rasa hangat dari jahe dapat dirasakan secara langsung, sehingga minuman ini lebih cocok untuk diminum ketika malam hari.

Demikian beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat minuman kesehatan sendiri di rumah. Selain membuat sendiri di rumah, Anda juga dapat memesan berbagai macam minuman herbal yang dijual di http://suppliermlm.com/.

TOP