Resep Minuman Kesehatan Tradisional Yang Mudah Dibuat Dan Sederhana

Blog

Pada musim hujan biasanya orang-orang mudah terkena penyakit karena perubahan suhu yang ekstrim. Kemudian banyak muncul kebutuhan resep minuman kesehatan tradisional yang mudah dibuat dirumah serta punya khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berbagai resep minuman kesehatan tradisional biasanya terbuat dari rempah-rempah yang memang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat dan sudah terbukti selama bertahun-tahun. Beberapa minuman tradisional yang bisa anda buat di rumah untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imun bisa disimak berikut ini :

1. Jamu Gula Asem

Untuk membuat jamu gula asem yang kaya akan manfaat ini hanya memerlukan 3 bahan saja, yaitu gula jawa, asam jawa dan air. Membuatnya sangat mudah anda hanya perlu merebus bahan dalam panci sampai mendidih kemudian saring air rebusan dan sajikan dalam gelas, untuk menambah rasa bisa di tambahkan perasan jeruk nipis.

2. Wedang Telang

Bunga telang kering mengandung antioksidan dan banyak kandungan bermanfaat lainnya untuk memperbaiki sel-sel tubuh atau sel saraf yang mengalami gangguan kesehatan. Telang ini juga mempunyai khasiat untuk meringankan alergi, mengobati diare dan berbagai khasiat lainnya.

Untuk membuat wedang telang caranya sangat mudah anda hanya perlu merebus bunga telang yang sudah kering dengan air kemudian saring rebusan telang. Sajikan dengan tambahan madu serta air perasan jeruk lemon secukupnya untuk menambah rasa.

3. Wedang Teh Susu

Wedang yang hangat jika dicampur dengan susu akan memberikan khasiat yang dapat menenangkan tubuh dan relaksasi untuk melepaskan stres pada tubuh. Dengan jahe merah yang mempunyai khasiat mencegah berbagai penyakit seperti kanker, menurunkan kolesterol, memperkuat imunitas dan menangkal infeksi virus serta berbagai manfaat lainnya.

Cara membuat wedang teh susu sangat sederhana anda hanya perlu menggunakan teh celup ditambah dengan jahe merah yang di geprek kemudian serai dan air serta susu kental manis. Rebus jahe merah dengan serai sekitar 5 menit kemudian masukkan teh celup siapkan gelas tambahkan susu lalu tuangkan air teh ke dalam gelas aduk dan sajikan dalam kondisi hangat.

4. Wedang Tape

Tape bisa menjadi sumber energi dan sumber probiotik, mengatasi masalah jerawat dan bisa menghangatkan tubuh apalagi jika disajikan dengan wedang. Untuk membuat wedang tape hanya membutuhkan 4 bahan yaitu tape, madu, air panas dan gula pasir. 

Sangat mudah anda hanya perlu memasukkan tape ke dalam gelas yang sudah ditambahkan air panas dan gula pasir lalu aduk sampai rata, terakhir tambahkan madu agar minuman menjadi semakin enak dan sajikan selagi hangat sebagai minuman sehat di pagi hari.

Dengan mengetahui resep minuman kesehatan tradisional yang mudah dibuat dan sederhana ini bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat minuman sehat di rumah. Apalagi untuk menghadapi cuaca yang dingin pada musim hujan serta meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap terjaga dalam situasi dan kondisi apapun.

TOP