Berita & Blog


3 Jenis Minuman Kesehatan yang Populer di Pasaran

Minuman kesehatan merupakan salah satu asupan penting yang dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Yang dimaksud dengan minuman kesehatan itu sendiri adalah minuman yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Minuman tersebut biasanya mengandung vitamin, mineral, atau nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selama ini minuman yang paling sehat adalah air putih atau air mineral. Namun minuman tersebut hanya berfungsi untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi. Minuman kesehatan adalah jenis minuman yang telah diperkaya dengan zat-zat tertentu seperti vitamin dan mineral. 

Kriteria Minuman Kesehatan yang Baik

Tidak semua minuman yang ada saat ini termasuk minuman sehat. Ada beberapa kriteria untuk yang dimaksud dengan minuman kesehatan yaitu sebagai berikut:

  • Higienis

Kunci utama dari minuman kesehatan adalah harus bersih yaitu bebas kuman, bakteri, dan virus. Kebersihan tersebut mulai dari bahan, proses produksi, hingga pengemasannya. 

  • Menggunakan Bahan Alami

Minuman kesehatan sebaiknya sebagian besar terbuat dari bahan-bahan alami. Semakin sedikit bahan kimia yang digunakan, maka semakin baik minuman tersebut. Minuman tersebut dapat menggunakan satu bahan utama atau mengombinasikan beberapa bahan agar dapat memberikan manfaat yang lebih banyak.

  • Tidak Melalui Banyak Proses

Saat ini kebanyakan minuman kesehatan yang tersedia di pasaran hadir dalam bentuk kemasan yang siap minum karena lebih praktis. Minuman yang baik sebaiknya tidak melalui banyak proses.

  • Aman Dikonsumsi Siapa Saja

Produk minuman sehat untuk tubuh yang baik sebaiknya dapat dikonsumsi oleh semua orang dengan sedikit pantangan misalnya tidak boleh untuk ibu hamil atau penderita penyakit kronis. 

  • Minim Pengawet

Agar lebih aman, minuman tersebut juga sebaiknya minim atau bahkan tanpa bahan pengawet. Jika produk tersebut menggunakan pengawet, maka sebaiknya tidak terlalu lama misalnya maksimal hanya 6 bulan atau 1 tahun.

Kriteria tersebut dapat menjadi pertimbangan ketika Anda ingin membeli ataupun membuat minuman kesehatan yang akan dijual. Dengan memperhatikan kriteria di atas, minuman tersebut dapat memberikan manfaat terbaik melalui kandungan – kandungan yang tersimpan di dalamnya.

Jenis Minuman Sehat Alami

Ada beberapa jenis minuman kesehatan yang hadir di pasaran. Yang dimaksud dengan minuman kesehatan alami antara lain adalah sebagai berikut:

Infused Water

Ini adalah minuman kesehatan yang akhir-akhir ini populer. Cukup dengan mencampurkan irisan buah-buahan ke dalam air mineral, maka ini sudah menjadi minuman sehat. Infused water tidak hanya bermanfaat untuk menghidrasi tubuh tetapi juga menyehatkan karena kandungan vitamin di dalamnya.

Cuka Apel

Ini adalah minuman sehat yang terbuat dari sari apel dan ditambahkan bakteri baik kemudian difermentasi. Minuman ini bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Cuka apel biasanya tidak langsung diminum begitu saja tetapi juga dicampur dengan air sebelum diminum.

Teh

Aneka macam teh saat ini juga populer menjadi bagian dari minuman kesehatan. Tentunya untuk mendapatkan manfaat terbaik dari teh adalah tidak perlu dicampurkan dengan gula. Teh yang banyak digunakan untuk minuman kesehatan saat ini adalah teh hijau dan teh hitam.

Demikian sedikit informasi mengenai kriteria dan contoh minuman kesehatan. Dengan memahami yang dimaksud dengan minuman kesehatan, kini Anda tidak akan bingung lagi untuk membedakan antara minuman kesehatan dengan minuman lainnya.