Berita & Blog


5 Minuman Sehat Ini Cocok Untuk Asupan Sehari-hari

Sampai saat ini masih banyak yang masih kesulitan untuk membedakan minuman sehat dengan jenis minuman lainnya. Yang dimaksud dengan minuman sehat adalah asupan berupa cairan yang mengandung nutrisi atau zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh orang yang mengkonsumsinya. 

Ada beberapa jenis minuman kesehatan yang saat ini tersedia dengan manfaatnya masing-masing. Berikut ini adalah jenis minuman tersebut secara umum.

Minuman Isotonik

Ini adalah jenis minuman yang biasanya dikonsumsi setelah berolahraga. Manfaat utama dari minuman ini adalah untuk menggantikan cairan tubuh. Ini termasuk jenis minuman olahraga dengan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh yakni mineral, karbohidrat, elektrolit, dan mineral, Minuman ini berbeda dengan minuman berenergi dengan kandungan yang tidak dibutuhkan tubuh seperti taurine, cafein, guarana, taurine, dan beberapa zat adiktif lainnya.

Minuman isotonic juga memiliki konsentrasi garam dan gula dengan kepekatan seperti cairan tubuh. Jadi minuman ini mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas. Minuman ini juga dapat diserap tubuh dengan mudah sehingga tubuh lebih mudah diserap oleh tubuh.

Jus Buah dan Sayuran

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jus merupakan salah satu jenis minuman sehat untuk tubuh yang paling mudah dijumpai. Buah dan sayuran merupakan jenis makanan yang kaya gizi. Agar lebih praktis, buah dan sayuran saat ini juga mulai diekstrak atau diambil sarinya untuk dijadikan minuman sehingga dapat langsung dikonsumsi. 

Jus buah tersebut dapat dibuat dari satu macam buah atau beberapa buah sekaligus untuk memperkaya kandungan nutrisi di dalamnya. Dengan banyaknya pilihan buah dan sayur yang dapat dibuat jus dan dikombinasikan, masyarakat dapat memilih jenis jus yang sesuai dengan selera.

Minuman Vitamin

Minuman yang diperkaya dengan vitamin juga termasuk minuman kesehatan yang saat ini banyak dijumpai. Salah satu jenis minuman yang populer adalah minuman vitamin C. Minuman tersebut hadir dengan kadar vitamin dan rasa yang berbeda-beda seperti jeruk nipis, lemon, apel, dan banyak lagi.

Minuman Serat

Selama ini yang dimaksud dengan minuman sehat adalah minuman yang kaya nutrisi, salah satunya adalah serat. Serat atau fiber berasal dari tumbuhan yang berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Minuman ini biasanya dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet, mengalami sembelit, dan ingin melancarkan BAB.

Minuman Collagen

Ini adalah minuman kesehatan yang saat ini sedang populer. Minuman ini lebih banyak dicari oleh kaum wanita karena dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Collagen itu sendiri merupakan protein yang memberikan struktur kulit serta memperkuat tulang. Jadi mengkonsumsi minuman kolagen dapat menghidrasi kulit dan menjaga elastisitas kulit serta mengurangi kerutan.

Demikian beberapa jenis minuman sehat yang saat ini banyak tersedia. Semua minuman tersebut akan memberikan manfaat yang positif ketika dikonsumsi. Hal ini sesuai dengan yang dimaksud dengan minuman sehat adalah yang bermanfaat bagi tubuh orang yang mengkonsumsinya.

TOP