Berita & Blog


5 Minuman Untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Setiap orang membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Kandungan gizi tidak hanya didapatkan melalui asupan makanan. Melainkan, asupan minuman sehat juga menjadi pengaruh besar. Dengan nutrisi seimbang, tubuh akan jauh lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Umumnya, minuman yang baik untuk kesehatan adalah minuman yang mengandung vitamin, mineral, gizi yang tinggi. 

Mengapa Asupan Minuman Harus Terpenuhi?

Seperti yang telah diketahui, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, sehingga kebutuhan air harus terpenuhi setiap harinya. Air mineral merupakan salah satu minuman sehat yang wajib dikonsumsi setiap hari. Jika, kekurangan cairan tubuh akan kehilangan keseimbangan dan dehidrasi yang menghambat cara kerja organ. Dengan begitu, konsumsi air mineral yang cukup mampu menjaga metabolisme tubuh. 

Namun, rutin minum air mineral belum mampu memberikan gizi yang cukup. Anda dapat mengonsumsi minuman kesehatan yang mengandung buah, sayur, ataupun olahan susu. Nah, simak daftar olahan minuman sehat yang dapat menjaga tubuh Anda tetap bugar.

Minuman Untuk Meningkatkan Kesehatan

Terkadang, sebagian orang lupa untuk mengonsumi minuman sehat. Jangan, menganggap sepele, karena efeknya sangat berpengaruh pada kondisi tubuh. Lalu, apa saja minuman sehat tersebut?

  • Jus Buah

Buah merupakan makanan yang kaya akan sumber vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Kandungan vitamin maupun mineral yang terkandung dalam buah berperan sebagai antioksidan. Sebaiknya, mengonsumsi buah atau jus setiap hari, agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu, tubuh memerlukan vitamin c yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah radikal bebas. Jeruk salah satu buah yang dapat diolah menjadi minuman untuk menaikkan imun tubuh. 

  • Jus Sayur

Bukan hanya buah, sayur juga termasuk dalam daftar makanan sehat. Sayur mengandung vitamin, nutrisi, dan kadar air tinggi yang sangat baik dikonsumsi setiap hari. Biasanya, sayur diolah menjadi jus untuk memudahkan sebagian orang yang sulit mengonsumsinya. Jus sayur dapat dipadukan dengan buah sebagai pemanis alaminya, seperti pisang dengan sawi pakcoy. Kedua kandungan tersebut mampu mencegah kanker dan mengatasi inflamasi. Anda bisa membuat smoothies sesuai selera dan kreasi. Akan tetapi, bila ingin menambah rasa manisnya, cobalah untuk menambahkan madu, usahakan untuk tidak menggunakan gula, ya!

  • Produk Olahan Susu

Susu merupakan sumber kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, baik pada masa pertumbuhan anak-anak maupun orang dewasa. Sebaiknya, mengonsumsi susu yang rendah lemak atau low fat, sehingga mengurangi dampak obesitas. Produk olahan hasil fermentasi susu, seperti yoghurt memiliki kandungan probiotik tinggi yang sangat baik untuk pencernaan. Namun, perlu diingat untuk mengonsumsi yoghurt plain atau tidak mengandung gula. 

  • Minuman Teh 

Teh juga merupakan minuman yang baik untuk kesehatan. Salah satunya, teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi adalah teh hijau. Minuman satu ini sudah tidak diragukan lagi, baik dari segi rasa maupun manfaatnya. Sebaiknya, minum teh hijau setiap pagi hari, mampu mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes, menstabilkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan. Selain itu, minum teh herbal, seperti teh jahe mampu meningkatkan ketahanan tubuh. 

  • Minuman Fiber

Minuman fiber merupakan minuman yang mengandung nutrisi nabati atau serat. Minuman yang mengandung serat alami ini dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, dan membantu membersihkan tubuh dari racun atau detoks.

Pada umumnya, produk minuman ini telah dikemas dalam bentuk kemasan yang rasanya bervariasi, seperti ekstrak buah ataupun sayuran. Nah, daftar minuman ini praktis dan mudah diolah, bukan? Ayo, jaga tubuh Anda dengan rutin minum minuman yang baik untuk kesehatan.

TOP