Berita & Blog


6 Minuman Sehat untuk Anak, Pendukung Masa Pertumbuhan

Sebagai orang tua yang bijak anda harus memperhatikan minuman apa saja yang dikonsumsi oleh anak anda. Apalagi di masa pertumbuhannya, penting bagi anda untuk memberikan minuman dengan kandungan nutrisi tinggi yang diperlukan tubuh. Pada dasarnya membuat minuman sehat untuk anak tidaklah sulit, ini ulasannya untuk anda!

Berikut Minuman-minuman Sehat untuk Anak-anak: 

Susu

Pada umumnya anak-anak membutuhkan kalsium sebesar 700 mg dan untuk mencukupinya anda bisa memberikan mereka susu. Namun, jika anak anda alergi susu sapi maka anda bisa menggantinya dengan susu nabati, misalnya susu kedelai. 

Untuk anak di usia 1-2 tahun berikan susu kurang lebih 16 ons, sedangkan untuk anak usia 2-3 tahun anda bisa memberikannya 2-3 gelas susu per hari. Mengapa harus susu? Karena susu mengandung vitamin D dan kalsium yang dapat mendukung pertumbuhan gigi dan tulang anak-anak.

Air putih

Sebisa mungkin anda harus membiasakan si kecil minum air putih, agar tubuhnya tidak kekurangan cairan. Anda bisa memberikan air putih dengan takaran sesuai kondisi cuaca, berat badan serta aktivitas mereka sehari-hari. 

Bagaimana cara untuk membuat anak-anak suka minum air putih? Coba tambahkan stroberi yang sudah dihancurkan ke dalam air, atau es batu dan sedotan lucu yang dapat menarik perhatian mereka.

Jus buah & sayur

Apabila anda ingin memberikan minuman sehat untuk anak jus buah dan sayur maka usahakan berasal dari buah serta sayur segar dan tidak mengandung pemanis buatan. Karena gula dapat memicu terjadinya kerusakan gigi sekaligus obesitas pada anak. Walaupun anda memutuskan untuk membuatnya sendiri juga tidak perlu diberi tambahan gula.

Smoothies

Ada beberapa menu kreatif yang bisa anda pilih untuk mengganti dessert anak anda, misalnya dengan membuatkan mereka smoothies. Karena anda membuatnya sendiri dan berasal dari bahan alami, seperti susu alami, pisang, yoghurt dan stroberi, maka anda tidak perlu khawatir akan merusak gigi mereka. 

Yoghurt

Yoghurt juga bisa menjadi alternatif minuman menyehatkan bagi anak anda. Dikarenakan yoghurt berbahan dasar susu yang mengandung kalsium dan protein, serta mengandung bakteri baik yang dapat memperlancar pencernaan anak-anak. 

Homemade hot chocolate

Jika anak anda mulai bosan dengan minuman yang itu-itu saja, maka anda bisa menyiasatinya dengan homemade hot chocolate. Tapi jangan terlalu sering. Oh ya, anda juga bisa menambahkan potongan cokelat dan susu atau toping lainnya yang menyehatkan.

Demikian, pembahasan mengenai minuman sehat untuk anak yang cukup mudah didapat atau dibuat sendiri, dengan begitu minuman yang masuk ke tubuh mereka lebih terjamin kandungan gizinya. Sehingga anda tidak perlu terlalu risau tentang dampak yang timbul dikemudian hari.

TOP