Berita & Blog


Empat Manfaat Fiber Sebagai Minuman yang Bagus untuk Kesehatan

Salah satu minuman yang bagus untuk kesehatan adalah yang mengandung fiber. Kandungan tinggi fiber sangat bagus untuk dikonsumsi karena dapat membuat kulit wajah bercahaya dan menyehatkan tubuh. Anda dapat mengetahui lebih dalam terkait minuman tersebut lewat artikel berikut ini ya!

Mengenal fiber

Fiber merupakan serat atau yang sering disebut dengan nutrisi nabati. Fiber merupakan jenis karbohidrat yang berbeda dengan karbohidrat lainnya karena tidak dapat dipecah untuk menjadi molekul gula. Padahal kalau bisa dipecah menjadi molekul gula, maka dapat dengan mudah melewati saluran usus dan mudah untuk dicerna.

Karena fiber penting bagi kesehatan, tak jarang sekarang dapat kita lihat beberapa minuman fiber yang menyehatkan tubuh. Dalam bentuk kemasan minuman tersebut, diharapkan banyak sekali masyarakat yang mengonsumsi fiber dalam kesehariannya tanpa perlu repot-repot mengolah. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda agar memilih minuman yang bagus untuk kesehatan, supaya tubuh Anda tidak sakit dan tetap sehat.Salah satunya yaitu yang mengandung fiber ya.

Manfaat Fiber Bagi Kesehatan

Salah satu minuman yang bagus untuk kesehatan adalah yang mengandung fiber. Hal tersebut dikarenanakan fiber mempunyai segudang manfaat seperti di bawah ini:

  • Dapat Menurunkan Berat Badan

Kandungan fiber dapat membantu untuk menurunkan berat badan dikarenakan bisa membantu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama tanpa membahayakan tubuh.

  • Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Fiber yang terutama berjenis air mempunyai manfaat untuk mengontrol kadar gula darah bagi Anda penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan fiber bisa membuat penyerapan gula oleh tubuh dan pengosongan lambung menjadi lambat.

Dengan adanya penurunan penyerapan gula yang dihasilkan dari makanan, maka kadar gula darah tidak akan cepat naik. Bagi Anda yang tidak mempunya penyakit diabetes, fiber bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

  • Melancarkan Pencernaan

Kurangnya fiber akan membuat feses Anda keras dan susah untuk BAB. Apabila kondisi tersebut Anda biarkan terus menerus, dapat menyebabkan konstipasi. Fiber juga bisa menambah ukuran dan berat feses karena mempunyai sifat untuk menyerap air. 

Zat gizi ini juga dapat membuat feses lebih lunak sehingga tidak susah untuk dikeluarkan. Jadi, risiko Anda untuk terkena konstipasi juga dapat berkurang.

  • Sebagai Detoksifikasi Alami Tubuh

Fiber secara alami bisa untuk melarutkan racun dalam tubuh. Pada saat fiber larut, maka akan menyerap beberapa senyawa yang sekiranya berpotensi bahaya. Seperti kelebihan lemak tidak sehat dan estrogen sebelum mereka bisa diserap oleh tubuh. Kemudian, fiber yang tidak larut dapat membuat segala sesuatu cepat untuk bergerak, sehingga bisa membatasi jumlah pestisida, bahan kimia BPA, dan merkuri yang berada di dalam tubuh Anda.

TOP