Berita & Blog


Fiber dan Fungsinya dalam Tubuh

Ketika anda mendengar tentang serat atau fiber pastinya anda tahu bahwa kebutuhan serat merupakan jenis kebutuhan yang harus dipenuhi. Berbagai fungsi dalam serat ini umumnya terdapat dalam buah dan sayur. Saat ini perkembangan teknologi yang begitu pesat juga membuat semakin banyaknya inovasi dalam hal kesehatan misalnya banyak perusahaan yang berlomba membuat minuman fiber terbaik. Nah, kenali berbagai jenis serat dan manfaatnya untuk kesehatan.

Definisi dan Jenis Serat

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat serat dalam makanan. Ada baiknya ketahui terlebih dahulu aapa itu serat? Serat merupakan salah satu bagian dari zat pangan yang tidak bisa mengalami proses hidrolisis oleh enzim yang berada dalam sistem pencernaan. Umumnya dietary fiber atau serat pangan merupakan bagian tumbuhan yang tersusun atas karbohidrat sehingga memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan yang terjadi dalam usus dan lambung manusia.

Berdasarkan kelarutannya, serat dapat dibagi menjadi dua yakni soluble dietary fiber misalnya pektin serta gum yang juga termasuk dalam sel pangan nabati serta insoluble dietary fiber yang terdiri atas selulosa, hemiselulosa serta lignin dan umumnya terdapat dalam sayuran, kacang-kacangan hingga sereal.

Pektin

Salah satu jenis serat yang dapat digunakan untuk melancarkan saluran pencernaan adalah pektin. Pektin merupakan rantai gula panjang atau sering disebut sebagai polisakarida. Fungsi serat ini akan memberikan efek kesehatan yang baik bagi saluran pencernaan.

Serat pektin merupakan jenis serat yang tidak memiliki kalori. Biasanya pektin sering digunakan kandungan fiber dalam minuman segar dan sehat. Biasanya pada 29 gram akan memiliki kandungan 3 kl, 0 protein, 0 lemak, 1 karbohidrat dan 1 gram serat.

Apa saja manfaat pektin yang akan anda dapatkan jika anda mengonsumsinya sebagai suplemen serat? Pektin memiliki fungsi untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Penelitian ini pernah dilakukan pada tikus dan hal ini juga bermanfaat dalam mengendalikan diabetes tipe 2 yang umumnya disebabkan karena gaya hidup.

Pektin juga berguna untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh, kolesterol dalam tubuh yang berlebih dapat memicu penyakit jantung koroner. Selain itu konsumsi pektin secara teratur juga bisa menurunkan kerusakan sel yang dapat memicu kanker.

Selulosa

Nah, serat lain yang sering terdapat dalam minuman segar dan sehat yakni selulosa dan hemiselulosa. Selulosa merupakan kandungan karbohidrat yang terdiri atas monomer glukosa dengan ikatan 1,4 glikosida dan berfungsi untuk produksi bioetanol dalam proses hidrolisis.

Selulosa yang digunakan dalam minuman segar dan sehat biasanya terbuat dari sereal, sayuran dan buah –buahan yang memiliki peran penting dalam sistem pencernaan dengan meningkatkan gerakan peristaltik pada usus serta membantu proses pengeluaran feses dari tubuh.

TOP