Berita & Blog


Ini Dia 6 Jenis Susu Minuman Kesehatan Selain Susu Sapi

Jika berbicara mengenai minuman kesehatan, tentu akan muncul banyak sekali jenis minuman yang disebut. Salah satu jenis minuman yang termasuk minuman kesehatan adalah susu. Ini adalah cairan bergizi yang saat ini sudah sangat umum dijumpai.

Selama ini jenis susu yang paling umum dikenal oleh masyarakat adalah susu sapi. Padahal selain susu sapi, ada beberapa jenis susu lainnya yang tidak kalah menyehatkan. Berikut ini adalah beberapa jenis susu selain susu sapi yang termasuk minuman bergizi. 

Susu Macadamia

Ini adalah susu rendah karbohidrat dan rendah kalori dari Australia. Minuman ini sangat dianjurkan bagi penderita diabetes. Minuman ini juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat menurunkan tekanan darah serta mencegah penyakit jantung.

Susu Oat

Jenis susu lainnya yang termasuk minuman kesehatan adalah susu oat. Minuman ini mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Zat lainnya yang banyak terkandung dalam minuman ini adalah beta glucan dan serat sehingga dapat menurunkan gula darah dan kolesterol. Jadi minuman ini cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Susu Kedelai

Ini adalah jenis susu yang populer di pasaran selain susu sapi. Susu yang merupakan ekstrak kedelai ini memiliki citarasa yang lezat dan tidak kalah dengan susu sapi sehingga termasuk minuman sehat untuk tubuh. Minuman ini mampu meningkatkan lipid plasma dan menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu minuman ini juga kaya vitamin, lemak tak jenuh, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. 

Susu Almond

Sesuai dengan namanya susu almond adalah minuman yang menggunakan kacang almond sebagai bahan utamanya. Minuman ini memiliki citarasa manis dan tinggi kandungan protein nabati. Selain itu, minuman ini juga mengandung vitamin dan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah radikal bebas.  Susu almond juga lebih sehat karena hanya sedikit mengandung lemak dan kalori.

Susu Kambing

Selain susu sapi, jenis susu lainnya yang bersumber dari hewan dan banyak dikonsumsi adalah susu kambing. Minuman ini kaya akan protein, zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium. Kandungan yang terdapat di dalam susu kambing dapat mengatasi berbagai penyakit seperti anemia dan masalah pengapuran. Minuman ini juga dapat mengatasi gangguan usus dan menurunkan kolesterol.

Susu Kurma

Jenis susu yang belakangan ini juga mulai populer adalah susu kurma. Perpaduan susu dengan kurma membuat minuman ini semakin bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang ditawarkan oleh susu kurma antara lain adalah dapat mengatasi sembelit, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan kulit, mengatasi anemia, dan masih banyak lagi. Cita Rasanya yang lezat membuat minuman ini banyak digemari.

Demikian beberapa jenis susu yang ada di pasaran selain susu sapi. Susu yang termasuk minuman kesehatan adalah jenis susu yang rendah gula sehingga aman dikonsumsi oleh semua orang.