Berita & Blog


Ini Dia Manfaat Konsumsi Produk Minuman Kaya Serat

Produk minuman kaya serat merupakan minuman kesehatan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sesuai dengan namanya, minuman tersebut terbuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Serat itu sendiri adalah zat yang tidak bisa dicerna namun memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan di dalam tubuh. Bahkan ketika kekurangan serat, hal ini dapat menimbulkan efek yang negatif dan menyebabkan gangguan kesehatan. 

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika tubuh kekurangan serat adalah konstipasi atau sembelit. Ketika dibiarkan terus menerus, hal ini juga dapat menyebabkan ambeien atau wasir. Untuk mengonsumsi minuman sehat untuk tubuh dengan kandungan serat sangat membantu mencukupi kebutuhan serat.

Kebutuhan Serat Harian

Setiap orang memiliki kebutuhan serat yang berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin, usia, dan faktor resiko. Berikut ini adalah rincian kebutuhan serat harian sesuai usia dan jenis kelamin.

  • Anak usia 1-9 tahun 19 - 23 gr
  • Laki-laki 10-15 tahun 28 – 34 gr
  • Laki-laki 16-29 tahun 37 gr
  • Laki-laki 30-64 tahun 36 gr
  • Laki-laki >65 tahun 22-25 gr
  • Perempuan 10-12 tahun 27 gr
  • Perempuan 13-18 tahun 29 gr
  • Perempuan 19-29 tahun 32 gr
  • Perempuan 30-49 tahun 30 gr
  • Perempuan 50-64 tahun 25 gr
  • Perempuan >65 tahun 20-22 gr

Manfaat Minuman Serat

Mengkonsumsi produk minuman kaya serat dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan secara umum. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

Menurunkan Kolesterol

Serat yang bersifat larut di air akan membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini akhirnya juga dapat menurunkan resiko berbagai penyakit kronis misalnya penyakit jantung. Selain itu, serat juga dapat menjaga kesehatan jantung, mengurangi perdagangan, dan menurunkan tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Usus

Serat memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan usus dari gangguan yang mungkin terjadi. Dengan asupan serat yang cukup, resiko terkena wasir dan munculnya kantong-kantong di usus besar juga akan berkurang. 

Melancarkan Pergerakan Usus

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi minuman serat adalah melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan metabolisme, dan melunakkan tekstur feses. Dengan feses yang berukuran besar, feses dapat melewati organ pencernaan dengan lancar dan mengurangi resiko terjadinya sembelit.

Mengendalikan Gula Darah

Serat menjadi kebutuhan wajib bagi penderita diabetes. Minuman serat berupa serat yang larut dalam air mampu memperlambat proses penyerapan gula sekaligus menurunkan gula darah.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, serat juga dapat membantu diet agar lebih efektif. Pasalnya, serat bersifat mengenyangkan, menekan nafsu makan, memperlambat penyerapan nutrisi, dan menyerap air di dalam usus.

Demikian pengertian serat dan manfaat mengkonsumsi produk minuman kaya serat. Produk ini menjadi cara yang praktis untuk mencukupi kebutuhan serat sekaligus menjaga tubuh tetap sehat.