Berita & Blog


Pilihan Minuman Sehat Untuk Anak Yang Mudah Di Buat

Tidak hanya dari makanan, memberikan minuman yang kaya nutrisi pada buah buah hati juga tak kalah pentingnya. Minuman sehat akan mendukung tumbuh kembang anak. Selain memberikan manfaat dalam mendukung tumbuh kembang anak, mencukupi kebutuhan cairan pun dapat mencegah anak mengalami dehidrasi. Konsumsi kebutuhan air untuk anak – anak baiknya 1,3 hingga 1,7 liter per hari.

Pilihan Minuman Sehat Untuk Anak

Air putih adalah minuman yang penting untuk anak, terlebih untuk anak yang usianya sudah lebih dari 6 bulan. Air putih memiliki beragam manfaat seperti dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memaksimalkan kerja otak dan meningkatkan konsentrasi belajar anak anda. Selain air putih, anda dapat memberikan pilihan minuman sehat untuk anak, bahkan dapat membuat minuman sehat sendiri. Berikut ini adala pilihan minuman sehat untuk anak.

Susu

Manfaat susu sudah tidak perlu diragukan lagi, terlebih bagi anak – anak. Susu yang tidak mengandung banyak gula adalah pilihan yang baik. Memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan, seperti vitamin D, protein, kalsium, dan fosfor yang dapat mendukung tumbuh kembang anak dan memperkuat tulangnya. Namun harus tetap perhatikan, untuk anak – anak jumlah konsumsi susu yang disarankan adalah 2 gelas per hari.

Jus Buah

Jus buah juga menjadi minuman sehat untuk anak yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Namun, batasi jumlah konsumsinya untuk mencegah kerusakan gigi pada anak. Mengkonsumsi jus buah yang aman untuk anak adalah jus yang berbahan dasar 100% dari buah, tanpa tambahan gula. Jus yang mengandung terlalu banyak gula bisa meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2 pada anak.

Untuk diperhatikan, anak yang berusia 1-6 tahun saran untuk mengkonsumsi jus tidak lebih dari 1 gelas per hari. Sedangkan untuk anak yang berusia 7 tahun adalah 2 gelas per hari. Anda pun dapat menambahkan atau membuat jus dengan sayuran hijau untuk menjaga kesehatan pencernaan anak anda.

Smoothies

Smoothies buah atau sayur yang anda buat sendiri untuk buah hati mengandung gula alami sehingga tak perlu khawatir akan merusak giginya. Menurut ahli nutrisi anak, sajikan porsi kecil smoothies untuk hidangan penutup. Smoothies yang baik untuk anak anda dapat dibuat dari bahan campuran pisang, stroberi, yoghurt dan susu alami. Anda pun dapat membuat sendiri minuman sehat untuk anak di rumah, sehingga pilihan bahan kebersihannya dapat terjamin.

Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman penambah energi alami. Karena gizi yang terkandung dalamnya termasuk lengkap, seperti kalium, magnesium, vitamin C, vitamin B6, asam amino, natrium, hingga antioksidan yang memberikan dampak positif bagi tubuh anak. Minuman sehat untuk anak yang satu ini pun mudah sekali anda dapatkan, dan harganya cukup terjangkau. Pilihlah buah kelapa muda yang masih segar untuk disajikan pada anak sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga.