Berita & Blog


7 Macam Minuman Kesehatan yang Dapat Anda Temui dengan Mudah

Apa itu Minuman Kesehatan?

Minuman kesehatan merupakan minuman yang mempunyai manfaat menguntungkan terhadap kesehatan tubuh. Minuman ini berkhasiat selain menjadi minuman yang menyegarkan tubuh, minuman kesehatan juga berfungsi menjadi minuman yang membuat tubuh kembali fit.

Karena minuman kesehatan merupakan minuman yang sangat baik untuk kesehatan, tentu saja minuman ini mengandung beragam nutrisi yang menyehatkan tubuh, seperti vitamin dan mineral. Kedua zat tersebut berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Macam-macam Minuman Kesehatan

Akhir-akhir ini, semakin banyak minuman yang sehat yang dijual di pasaran dengan harga yang beragam. Ada yang murah, dan ada juga yang mahal. Bahkan, ada beberapa minuman kesehatan yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Berikut ini, kami paparkan beberapa macam minuman kesehatan yang sering dijumpai:

  • Air Putih

Tentu saja, air merupakan zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Manusia diharuskan untuk mengkonsumsi air demi memulihkan cairan tubuh yang telah hilang karena berbagai proses metabolisme di dalam tubuh. Dengan meminum air putih, maka Anda dapat menjaga tekanan darah, meningkatkan konsentrasi, terhindar dari dehidrasi, dan lain sebagainya. Bahkan, air putih juga termasuk minuman yang menyehatkan ginjal karena dapat membuang racun yang ada di dalam ginjal.

Penelitian menunjukkan bahwa kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak minimal 8 gelas per hari. Meskipun demikian, kebutuhan air setiap orang tentu berbeda dengan yang lainnya karena beberapa faktor seperti jumlah asupan makanan, keadaan cuaca, frekuensi aktivitas seseorang, dan lain sebagainya.

Minuman yang menyegarkan badan ini dapat kita peroleh dari mana saja. Mulai dari membeli dalam kemasan botol ataupun galon, hingga dengan merebus air keran hingga mendidih.

Air putih dalam kemasan sendiri atau air mineral merupakan air putih yang mengandung banyak mineral. Hal ini dapat terjadi karena air mineral diambil secara langsung dari mata air yang mengandung berbagai mineral, yang kemudian diproses sehingga menjadi air kemasan siap minum.

  • Jus

Jus merupakan minuman kesehatan yang terbuat dari sari buah maupun sayuran. Karena terbuat dari kedua bahan tersebut, pastinya minuman ini merupakan minuman yang sehat. Saat ini, jus menjadi minuman bernutrisi tinggi yang sering dikonsumsi masyarakat sebagai pengganti minuman ringan lainnya.

Karena terbuat dari sari buah ataupun sayuran, jus mengandung beragam vitamin dan mineral yang pastinya dapat menyehatkan tubuh. Dengan meminum jus, pastinya dapat menjaga berat badan, meningkatkan imunitas tubuh, hingga menurunkan risiko terkena kanker.

Kita dapat membuat jus sendiri di rumah. Cukup dengan memblender buah dan sayuran yang telah dipotong, kemudian ditambah air dan sedikit gula, maka kita akan mendapatkan minuman yang menyegarkan badan.

  • Jamu

Jamu merupakan minuman herbal tradisional yang merupakan salah satu dari warisan budaya Indonesia. Jamu terbuat dari bahan alami, seperti beberapa bagian tumbuhan (akar, kulit batang, daun, buah, dan biji) dan beberapa bagian hewan (empedu hewan dan kuning telur).

Jamu memiliki beragam jenis. Diantaranya ada beras kencur, cabe puyang, kudu laos, kunyit asam, dan lain sebagainya. 

Minuman kesehatan yang satu ini memiliki beragam khasiat, seperti meningkatkan nafsu makan, meredakan nyeri punggung, meredakan batuk, dan lain sebagainya.

Umumnya, Anda dapat membeli jamu yang sudah jadi dalam bentuk sachet ataupun yang dijual oleh pedagang jamu gendong yang ada di pasar atau mungkin lewat di depan rumah Anda. Namun, Anda juga bisa membuat jamu sendiri di rumah.

  • Susu

Susu merupakan suatu cairan yang dapat diminum yang diperoleh dari kelenjar susu mamalia. Saat ini, ada beragam jenis susu yang dikonsumsi manusia. Namun, yang paling sering dikonsumsi adalah susu sapi.

Susu memiliki beragam vitamin dan mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan lain sebagainya. Fosfor berguna untuk menjaga otot dan saraf. Kalium berguna untuk menjaga tekanan darah. Sedangkan kalsium berfungsi untuk memelihara kepadatan tulang.

Kini, susu telah diolah menjadi beberapa makanan dan minuman lainnya. Di antaranya adalah keju, yoghurt, mentega, es krim, dan lain sebagainya. Olahan susu tersebut tidak mengurangi manfaat dari susu. Justru, ada beberapa olahan yang difermentasikan dengan cara diberi bakteri baik, agar bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

  • Teh

Teh merupakan minuman berkafein yang diperoleh dengan cara menyeduh daun teh yang telah dikeringkan dengan air panas. Bagian yang digunakan dalam membuat teh adalah bagian pucuk dari tangkai daun teh.

Ada berbagai macam jenis teh yang umum dijumpai di pasaran. Yaitu teh hijau, teh hitam, teh oolong, dan teh merah.

Teh telah dipercaya sebagai salah satu minuman kesehatan. Bahkan, masyarakat Tiongkok pada zaman dahulu telah menggolongkan tanaman teh ke dalam tanaman obat-obatan.

Teh memiliki khasiat dapat membuang racun di dalam tubuh, menurunkan kolesterol, menyehatkan jantung, dan lain sebagainya. Bahkan, kandungan kafein yang terdapat di dalam teh membuatnya menjadi minuman yang membuat badan segar.

Menyeduh segelas teh merupakah hal yang cukup mudah. Bahkan, teh bisa dibeli di toko ataupun warung di dekat rumah Anda.

  • Air Kelapa Muda

Air kelapa muda merupakan air yang didapatkan dari dalam buah kelapa hijau yang masih muda. Pohon kelapa sendiri mudah tumbuh di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia.

Air kelapa muda mengandung berbagai mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, natrium, hingga zat besi. Minuman kesehatan yang satu ini dipercaya memiliki beragam manfaat seperti menurunkan tekanan darah, mencegah batu ginjal, hingga memperlambat penuaan dini. Selain itu, kandungan elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa muda dapat mengembalikan cairan tubuh.

Sekarang, memperoleh kelapa muda terbilang cukup mudah. Bahkan, sudah mulai penjual kelapa muda di pinggir-pinggir jalan. Selain dijual dalam bentuk kelapa utuh, air kelapa muda juga dijual dalam bentuk plastik yang memudahkan pembeli untuk meminumnya.

  • Minuman Fiber

Minuman fiber adalah minuman yang mendangun banyak serat. Minuman ini diperuntukkan bagi Anda yang kekurangan akan serat dalam tubuh.

Serat adalah salah satu karbohidrat nabati yang tidak dapat diserap oleh tubuh. Meski demikian, serat memiliki banyak manfaat. Di antaranya memperlancar organ pencernaan, menurunkan kolesterol, mengontrol kadar gula, dan lain sebagainya.

Minuman fiber dapat Anda ditemui di toko-toko dan apotik. Biasanya, minuman serat tersedia dalam bentuk suplemen ataupun sachet.

Minuman kesehatan merupakan minuman yang membuat badan fit karena mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, meskipun demikian, Anda tetap tidak boleh minum minuman kesehatan secara berlebih. Karena bukannya kesehatan yang Anda dapatkan, justru penyakit semakin mudah menyerang tubuh Anda.

Oleh karena itu, minumlah minuman kesehatan secukupnya dan sewajarnya saja. Selain itu, seimbangkan dengan pola makanan sehat agar kebutuhan nutrisi di dalam tubuh Anda menjadi terpenuhi. Jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin. Selain menyehatkan fisik, olahraga dapat memperlancar metabolisme tubuh yang membuat organ dalam Anda semakin lancar.

TOP