Berita & Blog


Apa Itu Collagen dan Tips Memilih Produk Minuman Collagen Kesehatan

Menjaga tubuh agar tetap sehat, tidak hanya berasal dari asupan makanan saja. Melainkan, asupan minuman juga penting. Cairan tubuh yang seimbang mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga terhindar dari dehidrasi. Salah satunya, mengonsumsi minuman sehat dan bergizi, seperti rutin minum air putih dan mengonsumsi produk minuman collagen kesehatan.  

Pada umumnya, minuman sehat adalah minuman yang mengandung berbagai macam vitamin, nutrisi, memiliki gizi yang tinggi untuk kesehatan tubuh. Minuman sehat dapat terbuat dari sayuran ataupun buah-buahan, olahan susu, maupun air mineral.

Air putih sebagai minuman sehat segar, mampu meningkatkan daya ingat otak.  Air putih dapat digunakan sebagai minuman sehat pagi hari, dengan minimal 2,5 liter per hari. Anda tidak akan kekurangan cairan yang dapat menghambat cara kerja otak.

Sekarang, telah banyak produk minuman yang diolah dalam bentuk kemasan. Minuman sehat kemasan ini memudahkan konsumen tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Selain itu, minuman sehat pun dapat dikonsumsi oleh segala usia. Terutama pada anak-anak yang sulit mengonsumsi makanan atau minuman yang sehat.  

Minuman sehat memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat di antaranya mampu menghilangkan berbagai macam racun dalam tubuh. Sayuran hijau dan buah dapat dijadikan minuman sehat penambah imun dan memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga melancarkan pencernaan dengan baik dan mendetoks racun secara alami. Banyak konsumsi buah dan sayur juga dapat meningkatkan produksi kolagen.

Tak hanya itu, rutin mengonsumsi makanan ataupun minuman sehat dari buah dapat menjaga bentuk tubuh, agar lebih proporsional. Dengan tubuh yang sehat, sudah pasti terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, Anda dapat menjalani berbagai macam aktivitas tanpa adanya hambatan. Namun, segudang manfaat ini harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat pula. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen kolagen.

Apa Itu Kolagen?

Minuman sehat adalah minuman yang mampu meningkatkan kesehatan pada tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Seperti yang telah dijelaskan, minuman sehat dapat diperolah dari buah atau sayur dan suplemen. Salah satunya, mengonsumsi suplemen atau produk minuman yang mengandung kolagen.

Kolagen merupakan jenis protein yang berfungsi dalam membangun dan membentuk jaringan dari tulang, baik tulang rawan, kulit, rambut, mata, hingga sistem pencernaan. Secara alami, zat ini memang diproduksi oleh tubuh. Namun, seiring bertambahnya usia, produksinya pun semakin lambat. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan tambahan untuk meningkatkan kolagen.

Selain itu, kolagen juga memiliki manfaat yang baik dalam dunia kecantikan. Tak jarang, banyak wanita yang mengonsumsi kolagen untuk menjaga elastisitas wajahnya. Di samping itu, masih banyak manfaat lain dari kolagen. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Mengonsumsi Kolagen

Sebagai protein penting untuk tubuh, kolagen tidak hanya terkenal pada bidang kecantikan saja, masih banyak manfaat lain yang mampu meningkatkan kesehatan pada tubuh.

  • Mencegah Keropos Pada Tulang

Kolagen mampu mencegah keropos pada tulang. Maka dari itu, sebagian besar tulang terbentuk dari kolagen yang membantunya tetap kuat. Kolagen yang cukup dapat mengurangi risiko osteoporosis. Mengonsumsi suplemen kolagen juga dapat menghambat kerusakan pada tulang.

  • Memperlancar Sistem Pencernaan

Kolagen juga dapat mengurangi selulit. Kolagen bekerja langsung dari dalam tubuh yang berfungsi mempercepat proses regenerasi kulit yang rusak. Kolagen berada pada jaringan ikat usus yang menguatkan lapisan pelindung saluran pencernaan. Jika, kehilangan kolagen maka dapat terserang radang usus. Oleh karena itu, kolagen sangat penting dalam membangun jaringan pelapis saluran cerna dan menjaga kesehatan pada usus.

  • Meningkatkan kesehatan Kulit

Kolagen mampu meningkatkan kesehatan pada kulit. Manfaat kolagen pun sudah terkenal dalam kecantikan. Tak hanya itu, kolagen mampu melembapkan kulit yang kering dan mengencangkan kulit, sehingga mencegah penuaan dini. Kolagen juga dapat menjaga kesehatan rambut dan kuku sehingga pertumbuhannya jauh lebih baik. Mengonsumsi suplemen atau juga mampu meningkatkan elastisitas pada kulit lebih cepat. Selain itu, kolagen mampu meningkatkan jaringan pada otot, sehingga mempercepat penyembuhan luka akibat cedera.

Namun, bagi Anda yang ingin mengonsumsi suplemen atau produk kolagen, harus tetap memperhatikan porsi secukupnya. Sebaiknya, konsumsi suplemen kolagen pada usia di atas 25 tahun. Mengonsumsi kolagen berlebihan dapat menyebabkan efek yang buruk. Perhatikan pula, minuman collagen untuk ibu hamil, sehingga aman dikonsumsi.

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan produksi kolagen secara alami. Anda dapat mengonsumsi sumber nutrisi, seperti vitamin C yang ditemukan pada jeruk, buah ceri, dan stroberi. Lalu, makan makanan yang mengandung prolin pada putih telur, salmon, sayuran hijau, produk olahan susu, dan gandum, serta makanan yang mengandung protein tinggi.

Tubuh membutuhkan protein tinggi yang mengandung asam amino. Asam amino ini didapatkan dari produk olahan laut dan kacang-kacangan. Kendati demikian, Anda juga perlu menjaga pola hidup sehat untuk mencegah penurunan pada produksi kolagen. Salah satunya, mengurangi konsumsi kadar gula berlebihan

Cara Memilih Minuman atau Suplemen Kolagen

Minuman sehat dan tidak sehat banyak terjual di pasaran. Untuk itu, penting memperhatikan kandungan yang digunakan pada produk tersebut.

  • Baca kandungan Produk

Sebelum membeli, pastikan kandungan tersebut memang Anda butuhkan. Jangan mudah tergiur pada suatu produk. Anda dapat memilih ingredients yang tepat. Bahan baku kolagen terbagi atas dua jenis, yaitu berasal dari hewan, seperti satu atau ayam dan berasal dari ikan. Keduanya memiliki kegunaan yang sama baiknya bagi tubuh. Akan tetapi, perlu diperhatikan kembali kandungan lain pada produk kolagen tersebut.

  • Jumlah Kolagen

Jumlah standar kolagen yang efektif adalah 5.000 mg per hari untuk kulit. Sedangkan, 10.000 mg per hari untuk tulang sendi. Lalu, perhatikan pula takaran saji.

  • Tidak Mengandung Gula Berlebih

Bila membeli suatu produk, Anda wajib melihat kandungan kadar gula per kemasan. Mengonsumsi gula yang berlebihan justru mengganggu kemampuan kolagen untuk memproduksi dan memperbaiki secara alami. Bukan hanya itu, kelebihan gula dapat menyebabkan diabetes dan komplikasi penyakit lain.

  • Produk Memiliki Izin

Banyaknya produk minuman collagen yang beredar, Anda perlu pastikan bila produk tersebut sudah memiliki izin resmi dari BPOM. Dengan adanya izin resmi, berarti produk tersebut tidak menggunakan bahan yang berbahaya, sehingga aman dikonsumsi.

  • Periksa Produk yang Dapat Menyebabkan Alergi

Memeriksa adanya reaksi pada produk, mampu mencegah terjadinya efek samping lain. Apabila, belum yakin pada produk tersebut, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter. Beberapa produk kolagen dapat efek samping, seperti diare. Lalu, alergi pada produk berbahan dasar ikan dan telur. Konsultasi degan dokter agar berfungsi sesuai kebutuhan Anda.

TOP